35 Hari Tim Audit BPK-RI Periksa Keuangan Pemkot Manado

Walikota Vicky Lumentut Minta Perangkat Daerah Siapkan Dokumen Yang Dibutuhkan

Manado, MR – Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA menyatakan penggunaan keuangan Tahun Anggaran 2018 Pemerintah Kota (Pemkot) Manado siap untuk diaudit Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Sulawesi Utara.

Hal itu dikatakan orang nomor satu di Manado itu kepada Tim  Audit BPK-RI Perwakilan Sulut yang menyambangi Pemkot Manado, di ruang Toar Lumimuut (Tolu) Kantor Walikota Manado, Rabu (06/02).

Didampingi Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE dan Sekretaris Daerah (Sekda) Micler CS Lakat SH MH, Walikota Vicky Lumentut juga meminta maaf tidak semua Perangkat Daerah hadir dalam pertemuan dengan Tim Audit BPK-RI karena masih disibukkan dengan penanganan pasca bencana banjir dan tanah longsor.

“Kita baru saja ditimpa bencana, hari Senin seluruh jajaran Pemkot Manado dikerahkan untuk turun membantu warga di 43 titik Kelurahan. Kami sedang mencatat kerusakan-kerusakan terdampak banjir dan tanah longsor. Dan ada beberapa Kepala Perangkat Daerah yang khusus diberi tanggung jawab sampai saat ini masih turun ke lokasi, sehingga agak terlambat bergabung di tempat ini. Kami harus cepat mengatasi permasalahan pasca bencana sehingga tidak terjadi dampak wabah penyakit akibat terlambat dibersihkan. Kami siap diaudit oleh BPK, meski ditengah kondisi penanganan perbaikan pasca banjir,”ujar Walikota Vicky Lumentut.

 Dirinya mengingatkan para Kepala Perangkat Daerah agar memasukan dokumen yang dibutuhkan selambat-lambatnya hari Kamis (07/02).

“Walaupun ada Kepala Perangkat Daerah yang baru dilantik, tidak ada alasan merasa masih baru, tetap harus menyiapkan data-data yang dibutuhkan,”pungkasnya. Berdasarkan pemberitahuan nomor 01/Interim/LKPD-Manado/02/2019 dari BPK-RI Perwakilan Sulut, pemeriksaan dimulai tanggal 6 Februari 2019 dan akan berlangsung selama 35 hari kedepan, dengan agenda pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Kota Manado tahun anggaran 2018.(Stephen)