Angmalisang: Pendidikan Karakter Penting Untuk Membentuk Masyarakat Sadar Wisata

Manado, MR – Mendukung pengembangan pariwisata di Kota Manado diperlukan generasi millenial yang memiliki pendidikan karakter yang baik.

Hal itu dikatakan Dosen Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) DR Ir Ping Astony Angmalisang MSc, saat memberikan materi pada acara Sosialisasi sadar wisata untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan pendidikan, yang dilaksanakan Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Manado, di Best Western Lagoon Hotel, Jumat (20/09).

Dikatakan, kaum millenial yang berintegritas secara otomatis akan menjadi masyarakat sadar wisata salah satunya dengan menjadi tuan rumah yang baik bagi wisatawan.

“Sadar wisata adalah suatu kondisi yang menggambarkan partisipasi dan dukungan segenap komponen masyarakat dalam mendorong terwujudnya iklim yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan di suatu destinasi atau wilayah dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat menjadi tuan rumah yang baik, juga menggerakan dan menumbuhkan motivasi,”tandasnya.

Olehnya dalam industri pariwisata, Sapta Pesona yang meliputi aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah dan kenangan,
sangat penting untuk mendukung masyarakat sadar wisata.

“Sapta Pesona merupakan kondisi yang harus diwujudkan dalam rangka menarik minat wisatawan berkunjung ke suatu daerah atau wilayah di negara kita. Kita harus menciptakan suasana indah dan mempesona, dimana saja dan kapan saja. Khususnya ditempat-tempat yang banyak dikunjungi wisatawan dan pada waktu melayani wisatawan. Dengan kondisi dan suasana yang menarik dan nyaman, wisatawan akan betah tinggal lebih lama, merasa puas atas kunjungannya dan memberikan kenangan indah dalam hidupnya,”jelas Angmalisang.

Acara sosialisasi yang dibuka Sekretaris Dispar Manado Ferry Woy ST itu, diikuti para pelajar SMK Negeri 3 Manado dan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata (STIEPAR) Manado, menghadirkan tiga narasumber yakni Dekan STIEPAR Manado DR Drevy Malalantang SSI SE MPd, Dosen Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan Unsrat DR Ir Ping Astony Angmalisang MSc serta Ketua Lembaga Penelitian (Lemlit) STIEPAR Fendy EW Parengkuan. (stephen)