APBD Kota Manado Tahun 2018 Diperkirakan Rp1,289 Triliun

DR Liny Tambajong

Manado, MR – Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbang) Kota Manado, DR Liny Tambajong mengatakan hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) pada 11 Kecamatan dan hasil reses Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado, total usulan anggaran tahun 2018 mencapai Rp1,5 Triliun dengan  total pagu indikatif Rencana Strategis (Renstra) pada tahun ke-2 yaitu sebesar 1,5 Triliun, dan total berdasarkan eDevPlan yaitu sebesar 3,4 Triliun.

Hal tersebut dkatakan Kepala Bapelitbang Manado yang akrab disapa Kaban Liny saat membawakan laporan dalam pembahasan Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah (PD) Tahun 2018, Senin (11/09).

Di jelaskan Kaban Liny, berdasarkan hasil Evaluasi Renja tahun 2018 yang dilaksanakan oleh Bapelitbangda beberapa waktu yang lalu, untuk Sekretariat Daerah 11 Bagian, Renja telah sesuai dengan Renstra, dan 1 Bagian yang tidak ada kesesuaian antara Renja dan Renstra. dan  usulan masih berdasarkan keinginan dan bukan kebutuhan masing-masing PD.

“Perkiraan ABPD Kota Manado tahun 2018 sebesar 1,289 T. Ini merupakan hasil prediksi dengan menaikkan 1o persen dari APBD tahun sebelumnya,” jelas  Kaban Liny.

Untuk kecamatan, 8 Kecamatan program persampahan yang terpadat di Renja telah disesuaikan, sedangkan 3 Kecamatan tidak hadir dalam pendampingan evaluasi renja. Badan dan Lembaga Teknis, 7 Badan dan lembaga, Renja dan Renstra telah sesuai, sedangkan 2 Badan dan Lembaga tidak ada kesesuaian.

Untuk Dinas Kaban Liny menjelaskan terdapat 7 Dinas yang Renja telah sesuai dengan Renstra, 5 Dinas yang Renja dan Renstra tidak sesuai, dan 1 Dinas yang Renjanya disesuaikan.

“Jadi setelah kegiatan ini diberikan kesempatan lagi kepada PD untuk membicarakan kembali usulan-usulan yang terdapat pada Renja PD dan menentukan rencana prioritas,”tutup Kaban Liny.(stephen/*)

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *