Atasi Banjir Manado, Wamen PUPR Sorot Penanganan Sampah Serta Genjot Pekerjaan Bendungan Kuwil

John Wempi Wetipo (Foto: ist)

Manado, MR – Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR) John Wempi Wetipo, Sabtu (30/01), mengunjungi Sulawesi Utara.

Dalam kunjungan Putra Tanah Papua tersebut, meninjau lokasi pekerjaan bendungan Kuwil Kawangkoan yang berada di Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Pembangunan bendungan ini bisa menjadi salah satu bagian dari pengendalian banjir Kota Manado dan sekitarnya untuk debit air 470 meter kubik per detik dalam bendungan sudah bisa mengendalikan air Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano.

Menurut Wetipo, banjir yang terjadi baru baru ini di Kota Manado belum seberapa dibandingkan yang terjadi pada tahun 2014 lalu.

“Kami dari Kementrian PUPR lagi berupaya menggenjot proyek pekerjaan bendungan agar secepatnya bisa selesai di akhir tahun ini, adapun pekerjaan ini rencana akan berlangsung tiga tahap. Progresnya Paket 1 sudah mencapai 77 % dan Paket 2 mencapai 93%, sedangkan tahap ketiga secepatnya akan ditandatangani,”ujar Wetipo, yang sempat mengunjungi lokasi bencana dan tanah longsor di Kota Manado.

Penanganan bencana di Kota Manado, diharapkan ada sinergitas, baik dukungan masyarakat dan pemerintah setempat.

“Saat ini masih terlihat banyaknya sampah dan selokan yang tidak terawat akibatnya banjir bisa terjadi kapan saja, diibaratkan pengendalian banjir ini dari
hulu sampai ke hilir bisa terjaga.”tukas mantan pria yang sempat mengecap pendidikan di Akademi Pariwisata Manado tersebut.

Dalam kunjungan Ke Sulawesi utara Wamen sempat juga melihat secara langsung Pasar extrim dan rumah adat Woloan di Kota Tomohon.(waba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *