Atasi Persoalan Sampah di Manado, Gubernur OD Siapkan 50 Armada Truk, Aksi Bersih-bersih Kota Libatkan Perangkat Daerah Pemprov Sulut

Sebanyak 50 armada truk disiapkan Gubernur Olly Dondokambey untuk mengangkut sampah di Manado yang semakin menumpuk. (Foto: ist)

Manado, MR – Menumpuknya sampah di Kota Manado ditanggapi serius
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur (Wagub) Steven Kandouw.

Langkah cepat diambil ODSK untuk mengatasi persoalan sampah yang banyak dikeluhkan masyarakat Kota Manado dengan mengerahkan 50 armada truk untuk mengangkut lautan sampah terutama material sampah akibat bencana waktu lalu.

Rancananya, aksi bersih-bersih kota ini berlangsung selama dua hari yakni Jumat dan Sabtu dengan titik pembuangannya ke TPA Kulo, Kabupaten Minahasa, dan dikoordinir Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sulut.

Tak tanggung-tanggung aksi tersebut juga melibatkan seluruh Perangkat Daerah, ASN dan THL di lingkup Pemprov Sulut dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Menurut data dari DLH Sulut diperkirakan sebanyak 1000 ton sampah yang diangkut Pemprov Sulut ke TPA Kulo.

Diketahui, selain pengangkutan sampah dengan truk, Gubernur Olly juga menyiapkan solusi jangka panjang untuk mengatasi permasalahan sampah di Manado akibat terbatasnya daya tampung TPA Sumompo dengan menyiapkan TPA Regional Mamitarang di Desa Ilo Ilo, Kabupaten Minahasa Utara.

Pembangunan TPA regional senilai ratusan miliar yang bakal selesai pada Desember 2021 ini akan menampung sampah dari Manado, Minahasa, Minahasa Utara dan Bitung.

Menurutnya, target waktu yang ditentukan tersebut akan secepatnya terealisasi jika sinergitas antar pemerintah daerah baik di kabupaten dan kota berjalan baik dan lancar.

“Perlu sinergitas agar permasalahan sampah di masyarakat bisa cepat teratasi,” ujar Gubernur Olly, saat meninjau pembangunan TPA Mamitarang. (waba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *