Bawaslu Minsel Gelar Bimtek Panwascam

Amurang, MR – Untuk menunjang tugas kerja sebagai pengawas pemilu, Bawaslu Minahasa Selatan menggelar bimtek bagi panitia pengawas kecamatan, di Hotel Sutanraja, Kamis (16/01).

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Kabupaten Minsel Eva Keintjem, menjelaskan agar fungsi Panwascam terpilih dalam mengawasi pilkada Minsel di wilayah kecamatan masing-masing dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

“Tupoksi ini adalah amanah yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan mengedepankan Soliditas, Integritas, dan Mentalitas” ujar Kordiv SDM Bawaslu Kabupaten Minsel tersebut.

Hal lain disampaikan Franny Sengkey SE selaku Koordinator Divisi (Kordiv) Hukum, Penanganan Pelanggaran, Penyelesaian Sengketa dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Minsel bahwa kegiatan bimtek dilakukan sebagai wujud peningkatan kapasitas Panwascam dalam mengemban tugasnya.

“Harapannya kegiatan ini bisa terbangun kesamaan persepsi dalam pengawasan pilkada Minsel kedepan. Peserta bimtek harus memahami materi dengan baik” harapnya.

Juga menurut Sengkey, Panwascam sekarang ini harus menatap kedepan karena tahapan proses sudah berjalan, sehingga Bimtek ini dilakukan agar diberi penguatan kapasitas. Bimtek ini menjadi modal dasar dalam melakukan proses pengawasan Pilkada Minsel 2020 ini.

Ia melanjutkan bahwa harus yang sudah memiliki pengalaman untuk mengerti aturan aturan dalam mengawasi tahapan pilkada sehingga kualitas demokrasi menjadi baik.

“Prinsipnya peningkatan kapasitas akan intens kita lakukan melalui supervisi agar tugas Pimpinan bisa terealisasi dengan maksimal” tutupnya.

Kegiatan yang digelar sampai 18 Januari 2020 ini turut dihadiri Mantan Pimpinan Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara, Jhon Suak MPdk yang memberikan penguatan kerja-kerja panwascam.

Ada juga DR Tommy Sumakul SH MH yang juga memberikan penguatan kerja-kerja panwascam pada 184 peserta di 17 (tujuh belas) kecamatan se-Minsel. (nal’s)