Berseragam Satpol-PP, GSVL Tampil Berwibawa

Perayaan HUT Damkar, Satpol-PP dan Sat-Linmas Disatukan di Lapangan Tikala

Manado, MR – Tiga momentum perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) dilingkup Kementerian Dalam Negeri tingkat Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2019 disatukan dalam upacara bendera yang dipimpin Walikota manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, di lapangan Sparta Tikala Manado, Senin (25/03).

Ketiga perayaan tersebut yakni HUT ke-100 Pemadam Kebakaran (Damkar), HUT ke-69 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), dan HUT ke-57 Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat-Linmas).

Dengan mengenakan seragam lengkap Satpol-PP, Walikota Vicky Lumentut yang tampil berwibawa melakukan pemeriksaaan pasukan dengan menaiki mobil kendaraan jeep terbuka DB 1 A.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Walikota Vicky Lumentut, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia Tjahjo Kumolo, mengatakan peringatan HUT tidak hanya dijadikan forum untuk mengenang masa lalu, tetapi sebagai sarana untuk meneruskan semangat juang, dedikasi dan pengabdian apatur dalam melindungi masyarakat, serta kebulatan tekad untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Peran penting Pemadan Kebakaran, Satuan Polisi Pamong Praja, dan Satuan Linmas tercermin dari tugas dan tanggung jawabnya,”tukas Mendagri.

Tugas Pemadam Kebakaran adalah melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan, dan penanganan bahan berbahaya beracun kebakaran, melakukan inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran, pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran, serta penyelamatan dalam kondisi yang membahayakan manusia.

Sedangkan, Satuan Polisi Pamong Praja dibentuk untuk menegakkan Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Kepala Daerah (Perkada), menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman, serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat.

Sementara, Satuan Perlindungan Masyarakat secara khusus dibentuk dan disiapkan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, ikut memelihara ketenteraman ketertiban masyarakat, membantu penanganan ketenteraman ketertiban dan keamanan dalam menyelengaraan Pemilihan Umum (Pemilu) serta membantu upaya pertahanan Negara.

“Menghadapi pesta demokrasi pemilihan presiden dan pemilihan legislatif tahun 2019 ini, mari bersama-sama kita jaga kualitas penyelenggaraan Pemilu ini agar berjalan sesuai dengan kaidah-kaidah Demokrasi, Luber dan Jurdil serta bermartabat. Menjadi barisan terdepan dalam melawan racun demokrasi, yaitu politik uang, politisasi sara, serta penyebaran ujaran kebencian, fitnah dan hoaks sehingga proses demokrasi ini nantinya akan melahirkan pemimpin bangsa yang berkiblat kepada kepentingan masyarakat, serta bangsa dan Negara Indonesia,“tandas Walikota Vicky Lumentut.

Dalam kesempatan itu, Walikota Vicky Lumentut menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dengan Angkasa Pura I, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof Kandou dan RS Siloam terkait pelayanan Call Center 112.

Acara yang berlangsung semarak tersebut diakhiri dengan pertunjukan atraksi Drum Band serta atraksi bela diri dari anggota Satpol-PP Kota Manado. Tampak hadir Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE, Sekretaris Daerah Kota Manado Micler CS Lakat SH MH, Kepala Satpol-PP Provinsi Sulut Drs Evans Liow, Kepala Satpol-PP Kota Manado Xaverius Runtuwene SIP, serta para kepala Satpol-PP se-Sulut dan para kepala Perangkat Daerah dilingkup Pemkot Manado.(stephen)