BPD se-Kabupaten Minsel Ikut Bimbingan Teknis Penguatan Fungsi di Manado

Manado, MR – Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Hendry Lumapouw membuka sekaligus memberikan materi dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) penguatan Fungsi-fungsi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam penyelenggaraan pemerintahan desa bagi BPD se- Kabupaten Minsel di Hotel Grand Wizz Manado, Selasa (10/12).

Dalam sambutannya, Lumapouw mengatakan BPD harus memahami apa tugas dan fungsinya.

“Sehingga dalam menjalankan tugas tersebut dapat menyalurkan aspirasi atau usulan serta masukan masyarakat demi lancarnya pembangunan yang ada di desa,”tukas Lumapouw.

Dikatakan, tugas dan fungsi BPD yakni membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat serta mengawasi kinerja kepala desa.

“BPD dapat mengawasi program-program Pemerintah desa yang sementara berjalan lebih khusus pada penggunaan dana desa, agar dalam pengelolaannya harus transparan sesuai dengan aturan yang ada,”tandasnya.

Lanjut Lumapouw, BPD telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negri Republik Indonesia Nomor 110 Tahun 2016 tentang Badan Musyawarah Desa.

“Kami berharap agar seluruh pengurus baik pimpinan maupun anggota BPD dapat menjalankan tugas dan fungsinya sebagi mana diatur dalam undang-undang, serta dapat memberikan masukan serta kritik kepada pemerintah desa dalam menjalankan roda pemerintahan di desa tersebut. Pengurus BPD diminta harus mempunyai kreatifitas dalam berbagai bidang untuk memajukan pembangunan baik pembangunan masyarakat maupun pembangunan secara infrastruktur,”tegas Lumapouw.

Hadir pula dalam bimbingan teknis yang berlangsung dua hari 10-11 Desember 2019 tersebut, Kepala Bidang Pemerintahan Dinas PMD Grace Sangian serta pimpinam dan pengurus BPD se-Kabupaten Minsel.(nal)