Bupati CEP Ajak Warga Mendaftar Kartu Pra-Kerja Ditengah Pandemi Covid-19

Amurang, MR – Ditengah mewabahnya pandemi Covid-19 yang menjadi perhatian dunia, Pemerintah akhirnya secara resmi meluncurkan Program Kartu Pra Kerja.

Ini merupakan program andalan untuk menjawab pergumulan warga saat pekerja informal kehilangan pekerjaan sebagai dampak pandemi Covid-19.

Untuk memiliki kartu prakerja bisa melakukan Pendaftaran langsung yang diakses melalui website prakerja.go.id mulai Sabtu (11/4) akhir pekan kemarin.

Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Chriatiany Eugenia Paruntu mengajak masyarakat khususnya para pekerja informal yang kehilangan pendapatan atau penghasilan akibat pandemi Covid-19 agar memanfaatkan program kartu prakerja dengan langsung mendaftarkan diri melalui website prakerja.co.id.

“Bagi warga Minsel dan seluruh pekerja informal. Atau Yang di PHK, yang masih belum punya pekerjaan silahkan mendaftar menjadi peserta program kartu prakerja, terutama warga yang terdampak ekonominya karena Corona,”ajak Bupati CEP.

Selain sebagai program andalan pengentasan kemiskinan program Kartu Prakerja ini salah satu langkah implementasi Instruksi Presiden (Inpres) No 4 Tahun 2020 tentang Re-focusing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa untuk Percepatan Penanganan Corona.

“Untuk itu saya mengajak supaya segera mendaftar. Langsung saja login ke laman resmi www.prakerja.go.id. Sudah dimulai Sabtu kemarin. Apabila ada warga yang masih bingung bagaimana cara mendaftarnya bisa menghubungi pihak Disnaker Minsel untuk informasi lanjutan,”katanya.

Program unggulan pemerintah ini diprioritaskan bagi warga pekerja informal dan terdampak secara ekonomi oleh pandemi Covid-19. Nantinya masing-masing peserta, mendapatkan Rp 3.550.000 selama menjalani program kartu prakerja tersebut.

Sebagaimana pernyataan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto pasca meluncurkan program populer itu.

Rincian insentif dimaksud meliputi biaya bantuan pelatihan sebesar Rp 1.000.000 (tak bisa dicairkan atau hanya untuk biaya pelatihan online), insentif pasca pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan (untuk 4 bulan) dan insentif survei pekerjaan Rp50.000 per survei (3 kali survei) atau total Rp 150.000 per peserta.

Berikut Tata cara pendaftaran kartu Pra-Kerja:

• Pertama, calon peserta atau pendaftar membuat akun Prakerja di situs www.prakerja.go.id. Kemudian pendaftar memasukkan biodata, seperti nama, tempat/tanggal lahir, Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan sebagainya. Data akan diverifikasi ke Kementerian/Lembaga (K/L) terkait.

• Kedua, pendaftar mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama ±15 menit.

• Ketiga, pendaftar bergabung di gelombang pendaftaran yang sedang dibuka.

• Setiap minggunya, mulai hari ini (11 April 2020) sampai minggu ke-4 November 2020, akan dibuka kuota untuk sekitar 164 ribu peserta. Pendaftaran dapat dilakukan setiap saat, 24 jam 7 hari dalam seminggu.

• Jika belum berhasil diterima sebagai peserta pada gelombang pertama, pendaftar dapat bergabung di gelombang selanjutnya. Sampai akhir 2020, direncanakan akan ada lebih dari 30 gelombang pendaftaran.(nal’s)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *