Bupati CEP Irup HUT ke-74 Republik Indonesia di Minsel

Amurang, MR – Upacara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 47 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dilaksanakan di halaman utama kantor Bupati Minsel, dengan Inspektur Upacara (Irup) Bupati Christiani Eugenia Tetty Paruntu SE, Sabtu (17/08).

Tema yang diangkat tahun 2019 ini adalah SDM Unggul Indonesia Maju, dengan sub tema Dengan Semangat HUT RI ke-74 Kita Tingkatkan Sumber Daya Manusia Dalam Rangka Percepatan Pembangunan.

Dalam amanatnya, Bupati Tetty Paruntu mengatakan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia Minahasa Selatan merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Minahasa Selatan.

“Dimana salah satunya pemberian Beasiswa bagi Siswa dan Mahasiswa Minahasa Selatan, serta ada juga mengikut sertakan tenaga pendidik dalam kegiatan-kegiatan pelatihan guna semakin meningkatkan kualitas tenaga pendidik,ā€¯ucapnya.

Seperti biasa dalam rangkaian upacara bendera tersebut juga dibacakan Naskah Teks Proklamasi, Teks Pancasila, dan Pembukaan UUD 1945, serta Doa Syukur, mensyukuri 74 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ditandai dengan bunyi sirene yang dilanjutkan dengan pengibaran bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Minsel tahun 2019.

Ada hal yang berbeda dalam upacara HUT Proklamasi kali ini, dimana terlihat  pandangan yang sangat membanggakan karena para pimpinan SKPD yang hadir dalam upacara tersebut mengenakan pakaian adat.

“Ini mencerminkan kecintaan kita terhadap budaya sangat tinggi. Apalagi pak Presiden RI Joko Widodo memakai pakaian adat saat upacara berlangsung di Istana Merdeka,”ujar Bupati.

Yang lebih menarik ternyata  pakaian adat yang dipakai oleh para kepala OPD tersebut ternyata dilombakan dalam rangka memperingati HUT RI ke-74.

Tampak hadir dalam kegiatan upacara bendera HUT RI ke 74, Wakil Bupati Frangky Wongkar, unsur Forkopimda Minsel, Ketua DPRD Minsel Jenny Johana Tumbuan SE, Kapolres Minsel AKBP FX Winardi Prabowo SIK, Kepala PN Amurang, Kajari Amurang, Pabung Minsel, Sekda Minsel Denny Kaawoan MSi, para Kepala SKPD bersama jajarannya, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Perwakilan Parpol, Karang Taruna serta undangan lainnya serta para tokoh mantan pejuang yang tergabung dalam Persatuan Veteran Republik Indonesia Kabupaten Minsel.

Upacara ditutup dengan Kirab Karang Taruna yang membawa bendera merah putih mengelilingi lapangan upacara. (nal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *