Curah Hujan Tinggi, BPBD Imbau Warga Waspada

Maxmillian Tatahede

Manado, MR – Meningkatnya curah hujan yang melanda Kota Manado akhir-akhir ini, masyarakat diminta untuk waspada terhadap resiko terjadinya bencana baik banjir maupun tanah longsor. Imbauan itu dikatakan Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA melalui Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado Maxmilian Tatahede SSos.

Menurutnya, intensitas curah hujan tinggi berdampak pada naiknya air sungai yang dapat mengakibatkan terjadinya banjir khususnya warga yang tinggal di bantaran sungai maupun peregrakan tanah pada daerah perbukitan yang dapat mengancam warga yang tinggal di perbukitan maupun lembah dengan terjadinya longsor.

“Curah hujan yang turun terus menerus bisa mengakibatkan bencana baik banjir maupun tanah longsor dan hal itu berakibat malapetaka. Kami mengimbau warga yang berdomisili di bantaran sungai, bukit-bukit dan wilayah rawan bencana untuk waspada dan menyingkir sementara waktu, karena hujan masih terus turun sampai malam,”ujar Tatahede.

Meski demikian, kata Tatahede, BPBD Manado terus melakukan pemantauan serta berkoordinasi dengan instansi guna mengantisiapsi terjadinya bencana di Kota Manado.

”Kami terus memantau dan berkoordinasi, begitu ada banjir atau tanah longsor, supaya bisa segera dilakukan tindakan penanggulangan, dan membantu warga yang tertimpa bencana,”pungkas Tatahede.(rsc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *