Debat Kandidat Walikota dan Wawali Manado, Paslon Lain Umbar Janji, Sonya-Syarif Berkomitmen Perbaiki Layanan Publik

Manado, MR – Suasana debat publik III calon Walikota dan Wakil Walikota (Wawali) Manado yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manado, di salah satu hotel kawasan jalan Piere Tendean boulevard, Selasa (24/11), berlangsung seru.

Debat kali ini menghadirkan empat pasangan calon (Paslon) peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Manado yakni nomor urut 1 Andrei Angouw/Richard Sualang, nomor urut 2 Sonya Selviana Kembuan/Syarifudin Saafa, nomor urut 3 Mor Dominus Bastiaan/Hanny Jost Pajouw dan nomor urut 4 Julyeta PA Runtuwene/Harley AB Mangindaan.

Menariknya, dari keempat paslon yang ditampil tersebut, tampak paslon nomor urut 2 Sonya-Syarif yang paling menonjol dan kompak.

Dimana, waktu yang diberikan moderator untuk menjawab pertanyaan panelis dimanfaatkan dengan baik oleh Cawali SSK maupun Cawawali Bung Syarif dengan baik.

Selain itu, paslon dengan visi Manado Kota Modern dan Berbudaya itu, tidak banyak mengumbar janji seperti dilakukan paslon lain, namun lebih menekankan pada komitmen untuk memperbaiki sistem layanan publik Pemerintah Kota (Pemkot) Manado.

“Jika Sonya-Syarif menang nanti, kita berkomitmen untuk memperbaiki sistem layanan publik yang masih banyak merugikan dan menyulitkan masyarakat Manado saat ini, seperti layanan KTP, pengurusan perijinan maupun layanan kesehatan,”tukas SSK.

Menurutnya, kepentingan masyarakat harus diutamakan. Bagaimana memberikan layanan yang cepat dan transparan tanpa berbelit-belit. Karena menjadi seorang Walikota bukan menjadi ‘bos’ tetapi menjadi pelayan masyarakat.

“Tidak.gampang menjadi seorang walikota. Karena Walikota atau wakil Walikota bukan menjadi bos yang harus dilayani tetapi menjadi pelayan bagi masyarakat. Masyarakat itu harus dilayani dengan baik dan kami berkomitmen Manado harus berubah,”tandas SSK.

Hal itu ditegaskan Bung Syarif, dimana pemerintahan Kota Manado kedepan dibawah Sonya-Syarif lebih menitikberatkan pada perbaikan sistem layanan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kami berkomitmen jika Sonya-Syarif dipercayakan masyarakat memimpin Manado, kami pastikan layanan administrasi kependudukan dilakukan secara cepat, hari ini ada ibu yang melahirkan satu atau dua hari kemudian akte kelahiran anak sudah diantar ke rumah,”tandas Bung Syarif.

Disamping itu, mantan anggota legislatif Manado tiga periode itu, menegaskan jika Sonya-Syarif pimpin Manado dipastikan inflasi Kota Manado yang diakibatkan pergerakan harga bawang, rica, tomat (barito) dan ikan akan mampu ditekan.

“Kami punya cara untuk menekan inflasi di Kota Manado. Salah satunya dengan pemberian bantuan modal usaha Rp10 Juta bagi UMKM,”pungkas Bung Syarif.(yanto)