Desa Mariri Bersatu Bolmong Gelar Pengucapan Syukur Dengan Protokol Kesehatan, Orang Luar Dilarang Masuk

Bolmong, MR- Perayaan Pengucapan syukur merupakan suatu tradisi serta budaya masyarakat yang berada di Sulawesi Utara, termasuk Desa Mariri Bersatu, Kecamatan Poigar, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Namun tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan pengucapan syukur tahun 2020 ini dilaksanakan sangat sederhana karena dalam situasi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Masyarakat Desa Mariri Bersatu Kecamatan Poigar merayakan pengucapan syukur, Minggu (12/07), mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Dimana, selama tiga hari mulai hari Jumat (10/07) sampai hari Minggu (12/07) diberlakukan portal jalan untuk mencegah masyarakat dari luar datang bersama-sama merayakan dengan keluarga.

Kepala Desa (sangadi, red) Mariri Lama Heflin Robot yang mewakili Desa Mariri 1 dan Mariri 2, kepada ManadoReal.com, Sabtu (11/07), mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong dan Camat Poigar terkait pelaksanaan perayaan pengucapan syukur 12 juli 2020 dengan mengikuti Protokol Kesehatan.

“Dari hasil kesepaktan bersama ketiga desa yang ada di Mariri Bersatu dengan BPD dan aparat desa memutuskan untuk melarang adanya berkumpulnya orang banyak dan tidak boleh menerima tamu dari luar baik dia keluarga maupun handai taulan untuk mencegah dari wabah Covid-19,”tukas Robot.

Lanjutnya, masyarakat telah melakukan penjagaan ketat di ruas jalan pintu masuk/keluar desa sejak Jumat untuk memeriksa tamu yang datang dari luar.

“Pemerntah Desa Mariri Bersatu dalam melaksanakan pengucapan syukur tahun ini meminta maaf kepada saudara serta handai taulan, bukannya kami menolak akan kedatangan kalian, tapi dengan suasana Covid-19 ini yang membatasi untuk kita berkumpul bersama, karena ini sudah hasil keputusan bersama dengan Pemerintah,”pungkas Robot. (jhon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *