Desa Nonapan Siap Dijadikan Kampung Tangguh Nusantara

Bolmong, MR- Pembentukan Kampung Tangguh Nusantara (KTN) merupakan program baru yang diprakarsai Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), di Desa Nonapan, Kecamatan Poigar, Kamis (18/06).

Acara pembentukan KTN tersebut dihadiri Asisten I Kabupaten Bolmong Decker Rompas SH, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bolmong Ahmad Yani Damopolii SH, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bolmong Ir I Nyoman Sukra, Sekretaris Dinas Kesehatan Bolmong Yulin Papuling SKM ME, Kepala Satuan (Kasat) Bimas Polres Bolmong Iptu Edy P Moningka, Camat Poigar R Mokodongan, Kapolsek Poigar Iptu Demar Lerah, Koramil Poigar serta Kepala Desa Nonapan Haris Balik.

Dalam sambutannya, Bupati Bolmong Yasti Soeprejo Mokoagouw melalui Asisten I Decker Rompas SH, mengatakan dalam situasi pandemi Covid-19 ini, dengan dilaksanakan program KTN berarti kampung atau desa ini sudah tangguh dari semua lini.

‚ÄúDengan dipiilihnya Desa Nonapan ini berarti masyarakat sudah tangguh menghadapi baik dari segi keamanan, kesiapan pangan, kesehatan serta fasisilitas yang diperlukan pemerintah dalam menuju era New Normal,”ujar Rompas.

Dikatakan, pemerintah akan mengupayakan berbagai kebutuhan terkait pangan dan Alat Perlengkapan Diri (APD) termasuk masker.

“Kami dari pihak pemerintah bagaimana mengupayakan kebutuhan-kebutuhan yang akan diperlukan seperti pangannya harus tersedia, serta juga dari kesehatan juga seperti Alat Perlengkapan Diri (APD), masker serta imbauan-imbauan dari Pemerintah yang berhubungan dengan Covid 19,”tukas Rompas.

Ditambahkan, baru dua desa di Kabupaten Bolmong yang dibentuk program KTN ini, yakni Desa Komangaan, Kecamatan Bolaan dan Desa Nonapan, Kecamatan Poigar.

Sementara, Kepala Desa Nonapan Haris Balik mengatakan, desanya sudah Siap untuk melaksanakan program KTN.

“Dalam rangka menghadapi New Normal ini pemerintah desa bersama masyarakat telah menyiapkan beberapa Poskamling dalam rangka keamanan ketahanan pangan yang kuat serta akses internet dan Rumah Isolasi, dan kami bersama rakyat akan siap mandiri dan mendisplinkan diri sehingga terhindar dari Covid-19 dan kami akan hidup sehat dan kuat,”pungkas Balik.(jhon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *