Diduga Akibat Hirup Bau Busuk Limbah PT Global, Balita Desa Molinow Terserang Ispa

Amurang, MR – Bau busuk yang ditimbulkan dari limbah PT Global Coconut yang mengaliri sungai Tongop, Desa Molinow, Kecamatan Tengah, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) ditenggarai mulai memakan korban.

Diduga akibat menghirup bau tak sedap yang berasal dari limbah milik perusahaan tersebut, seorang bayi berumur 3 tahun di Desa Molinow mengalami gangguan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

Tidak hanya balita, orang dewasapun mulai merasakan gangguan kesehatan.

Menurut sejumlah masyarakat yang rumah tinggalnya berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Tongop, bau busuk dari limbah yang sudah lama tergenang di sungai sangat mengancam kesehatan masyarakat apa lagi yang bersebelahan dengan sungai Tongop.

“Saat musim hujan maupun panas bau busuk tersebut sangat menyengat, orang dewasapun tidak tahan dengan bau busuk tersebut apa lagi balita, mau makan saja kami merasa terganggu dengan bau limbah karena seenak apapun makan yang kami buat akan hilang selera makan saat bau busuk tersebut masuk sampai ke rumah,”ujar warga.

Salah satu warga yang memiliki balita umur tiga minggu kepada wartawan manadoreal beberapa hari lalu, mengeluhkan bau busuk limbah tersebut.

“Anak kami baru umur satu minggu sudah terserang batuk tidak henti-hentinya selama kurang lebih satu minggu lamanya, karena kekurangan biaya kamipun mengurungkan niat untuk ke dokter, kami berharap pihak perusahaan untuk memperbaiki proses pembuangan limbah yang sudah berdampak kepada kami,”ungkapnya, seraya meminta namanya tidak dipublikasikan, (nama dan identitas ada di redaksi).

Sementara, Plt Hukum Tua Desa Molinow Titin Ilat, saat dikonfirmasi mengaku belum mengetahui jika ada warga yang terserang penyakit diduga akibat limbah.

“Sampai saat ini belum ada masyarakat yang mengadu ke pemerintah desa terkait penyakit yang menyerang balita,”pungkas wanita berkacamata itu.(nal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *