Digelar Secara Virtual Dari Puncak Manado Tua, Upacara HUT ke-75 Kemerdekaan di Manado Dilaksanakan Pada Lima Lokasi Berbeda

Manado, MR – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020 tingkat Kota Manado, dilaksanakan secara virtual dari lima lokasi berbeda, Senin (17/08).

Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA memimpin upacara tahunan itu dari puncak Pulau Manado Tua, Kecamatan Bunaken Kepulauan, Senin (17/08).

Sedangkan empat lokasi lainnya yakni tepi pantai Karang Ria, Kecamatan Tuminting, kantor Dinas Pariwisata Manado, kawasan Megamas, Kecamatan Wenang, Taman Berkat atau Godbless Park, jalan Piere Tendean boulevard, Kecamatan Sario dan gedung DPRD Manado, Kecamatan Tikala.

Dengan mengenakan pakaian khas Manado, Walikota GSVL tampil berwibawa menjadi inspektur upacara peringatan HUT ke-75 kemerdekaan RI.

Ditandai dengan pengibaran bendera merah putih oleh personil Paskibraka Kota Manado tahun 2020, upacara yang berlangsung khidmat itu diikuti aparat TNI/Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Manado serta masyarakat pulau Manado Tua.

Sementara, pembacaan teks proklamasi dibacakan Ketua DPRD Kota Manado Dra Aaltje Dondokambey dan pembacaan doa oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Manado Irwan Musa SE MSi dari gedung DPRD Manado.

Dalam kesempatan itu, Walikota GSVL mengapresiasi keikutsertaan semua pihak dalam mengikuti upacara peringatan HUT ke-75 kemerdekaan RI meskipun dilakukan secara virtual.

“Peringatan HUT ke-75 proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ini sangatlah berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena adanya pandemi Covid-19. Saat ini saya memimpin upacara di puncak gunung Pulau Manado Tua dan diikuti para peserta upacara di Sindulang, kantor Dinas Pariwisata, Taman Berkat dan gedung DPRD Manado,”ujar Walikota GSVL.

Dirinya berharap, semangat hari kemerdekaan tahun 2020 ini, membakar semangat seluruh rakyat Kota Manado untuk merdeka dari Covid-19.

“Dari tempat ini saya mengajak kita semua masyarakat Kota Manado untuk mengumandangkan dan bertekat merdeka dari Covid-19. Mari kita perangi bersama Covid-19 ini dengan senantiasa mentaati protokol kesehatan, cuci tangan, memakai masker serta menjaga jarak diantara kita,”tukas Walikota GSVL.

Usai upacara, Walikota GSVL bersama Dandim 1309 Manado Letkol Inf YR Raja Sulung Purba SH, mewakili Kapolresta Manado, Wakil Ketua DPRD Manado Adrei Laikun, tokoh agama dan Camat Bunaken Kepulauan Christian Salindeho menanam bibit pohon kelapa di area puncak gunung Pulau Manado Tua.(stephen)