Dijaga Ketat Kepolisian, KPU Minsel Mulai Lipat Kertas Suara Pilkada 2020

Amurang, MR – KPU Kabupaten Minahasa Selatan hari ini melakukan Pelipatan surat suara Pilkada 2020 di Ruang Pertumuan, Senin (23/11).

Terpantau media ini, seluruh personil pelipat suara diberi arahan oleh Ketua KPU Rommy Sambuaga, sebelum masuk ke ruangan Pelipatan surat suara. Kemudiian dibekali dengan masker dan sarung tangan serta tanda pengenal.

Ketua KPU Minsel Rommy Sambuaga kepada wartawan mengatakan rangkaian kegiatan hari ini adalah menyortir dan melipat surat suara.

“Jadi sejak tanggal 21, kami telah menerima surat suara gubernur dan bupati, yang dilipat awalnya surat suara gubernur setelah itu dilanjukan dengan bupati. kami milbatkan masyarakat yang melipat surat suara tentunya dengan mengikuti protokol kesehatan, semuanya telah dirapid,” kata Sambuaga.

Lanjutnya, mereka yang bertugas melipat surat suara tentunya dengan menjaga jarak, wajib memakai masker, dan posisi duduk diatur dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Yang akan dilipat ini 165.000.180 surat suara sesuai dengan jumlah DPT ditambah dengan 2.5 persen dari DPT per TPS di 513 TPS dan akan di sortir dulu baru dilipat. Disortir dimaksudkan untuk memastikan surat suara tidak rusak atau tidak lecet.Yang rusak atau lecet akan disendirikan, kemudian yang layak pakai akan dilipat.” Jelasnya.

Ditambahkannya untuk target pelipatan, nanti kita akan menunggu hasil setelah sortir dan Pelipatan berapa semua, yang dilipat tergantung kemampuan dari masyarakat yang melakukan pelipatan surat suara.

“Hari ini kami berharap kalau bisa untuk surat suara pilgup punya sudah selesai lebih bagus supaya lebih cepat melakukan pelipatan, kalau toh belum selasai berarti sampai besok kami masih melakukan pelipatan,”pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *