Dinas PMD Minsel Gelar Rakor Kumtua, Dandes Tahap Tiga Segera Cair

Amurang, MR – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Hukum Tua (Kumtua) se-Minsel di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Tumpaan Satu, Kecamatan Tumpaan, Senin (11/11).

Dalam Rakor yang dihadiri 167 Kepala Desa se-Minsel itu, kepala Dinas PMD Kabupaten Minsel Hendri Lumapow, SH menandaskan Dana Desa (Dandes) tahap ke-3 segera disalurkan, terhitung mulai Selasa 12 November

Olehnya, Lumapow mengingatkan agar para Kumtua segera menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan dalam pencarian Dandes tahap tiga.

“Berkasnya harus lengkap dan sesuai mekanisme pencairan dana desa tersebut, yang akan langsung disalurkan,”ujarnya.
Hal ini dimaksudkan, tambah Lumapow, agar pekerjaan sebagaimana yang tertata dalam APBDes dimasing-masing desa segera dilaksanakan.

“Target kita adalah pekerjaan yang dilaksanakan awal bulan Desember boleh selesai secara tepat waktu Karena pertengahan bulan Desember mulai dilakukan kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev), dilanjutkan dengan kegiatan evaluasi APBDes 2020,”tukasnya.

Tampil sebagai narasumber dalam Rakor tersebut, selain Kadis PMD, juga Sekretaris Dinas PMD Altin Sualang, serta staf dari BPJS Ketenagakerjaan, diikuti oleh Badan Pengelolah Keuangan dan Aset (Persiapan Non Tunai, juga Badan Pengelolah Pajak dan Retribusi Daerah.

Dalam rangkaian rapat tersebut pihak BPJS ketenagakerjaan mensosialisasikan program BPJS terhadap seluruh perangkat desa dan BPD. Serta diikuti dengan Sosialisasi perpajakan dan Retribusi oleh Badan Pengelola Pajak daerah serta penyampaian dari badan pengelola keuangan dan aset untuk Persiapan Non Tunai, diketahui bahwa Minahasa Selatan adalah Kabupaten Kedua se sulut yg melaksanakan Transaksi Non Tunai Dana Desa.(nal)