Dinas PUPR Bakal Perbaiki Jalan Dengan Metode Rigid Pavement

Manado, MR – Pemerintah Kota Manado (Pemkot) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Manado akan memperbaiki fasilitas infrastruktur sarana dan prasarana jalan  yang masuk kategori rusak berat. Dan perbaikan jalan itu akan di lakukan melalui metode Rigid Pavement atau lebih di kenal dengan nama jalan beton  atau perkerasan kaku.

“Metode ini  sangat baik  karena perkerasan jalan beton semen atau perkerasan kaku, ini terdiri dari plat beton semen, dengan atau tanpa lapisan pondasi bawah, di atas tanah dasar. Dalam konstruksi perkerasan kaku, plat beton semen sering juga dianggap sebagai lapis pondasi, kalau di atasnya masih ada lapisan aspal,”ujar Kepala Dinas PUPR Kota Manado DR Peter KB Assa.

Menurutnya, ke depan seluruh infrastruktur jalan akan di perbaiki dengan memakai metode Rigid Pavement.Sebab menurutnya metode ini memiliki beberapa keunggulan seperti,pemeliharaan lebih mudah, tahan lama serta mampu menghemat anggaran APBD.

”Memang untuk mengunakan metode Rigid Pavement anggaran pertama sangat besar,tapi kualitasnya bertahan lama,”tukas Assa.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) ini menambahkan, Rigid Pavement atau perkerasan kaku adalah metode yang dipilih, pertimbangannya unggul dalam distribusi beban,sehingga lebih tahan lama dan otomatis menekan biaya pemeliharaan daripada perkerasan lentur yang selama ini dilakukan. dan kalau ini diterapkan di Kota Manado, maka sarana infrastruktur jalan akan semakin bagus dan memadai.

“Menuju kota Smart City, maka metode pengaspalan jalan melalui Rigid Pavement harus kami terapkan. Dan kalau ini dilakukan baru Kota Manado-lah yang menerapkan metode tersebut,”pungkas Assa.(stephen)