Dinas PUPR Manado Genjot Pembangunan Drainase Taas

Manado, MR – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Manado terus menggenjot proyek pembangunan infrastruktur di Kota Manado.

Seperti pembangunan drainase di Kelurahan Taas, Kecamatan Tikala.

Kepala Dinas PUPR Manado DR Peter KB Assa PhD mengatakan pembangunan saluran drainase Taas yang sementara dibangun merupakan salah satu perwujudan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020 yakni kota ramah air, sebagai turunan visi Manado Kota Cerdas 2021 sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Manado yang merupakan program utama Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan.

“Pembangunan jenis saluran seperti ini, yang secara bertahap akan terus dilakukan disetiap daerah rawan banjir dan genangan yang ada di Kota Manado bertujuan untuk mengurangi debit genangan yang semakin parah menggenangi daerah tersebut setiap tahunnya. Selama ini wilayah genangan Taas sulit dengan cepat disurutkan airnya karena wilayah ini terletak pada daerah cekungan lembah yang sudah dipenuhi dengan permukiman tetapi outlet-outlet drainasenya sangat kecil karena lahan aliran alamnya telah didominasi oleh bangunan-bangunan jalan lingkungan,”jelas Assa.

Lanjut dikatakan, desain saluran outlet drainase Taas yang bermuara ke sungai Sawangan dibuat dengan luas penampang basah yang cukup besar yakni 200 cm x 180 cm.

“Mengambil sebagian jalan tetapi tidak mengurangi lebar jalan dengan konstruksi cantilever yang diperkuat dengan tiang kolom dan balok untuk menahan berat sendiri pelat lantai jalan dan kendaraan di atasnya, dan dengan system saluran masih tetap semi terbuka agar mengalirkan debit air yang lebih besar,”pungkas Assa. (stephen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *