Dispar Manado Gelar Sosialisasi Perda Ripparda dan Manado Fiesta

Manado, MR – Pemerintah Kota (Pemkot) Manado melalui Dinas Pariwisata (Dispar) menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) nomor 2 tahun 2020 tentang Ripparda dan Perda nomor 4 tahun 2020 tentang penyelenggaraan Manado Fiesta, di Tongkaina Room, Best Western the Lagoon Hotel, Senin (14/12).

Kegiatan yang berlangsung sehari itu diikuti para pelaku usaha pariwisata, instansi terkait, pihak kecamatan dan kelurahan se-Kota Manado.

Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA yang diwakili Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir Philips Sondakh ketika membuka acara, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Dispar Manado.

Pasalnya, Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah (RIPPARDA) tahun 2020-2025 yang ditegaskan dalam Peraturan Menteri Pariwisata Republik Indonesia nomor 10 tahun 2016 sangat penting dan baru Pemkot Manado yang memiliki Perda tentang Ripparda.

“Saya salut dan mengapresiasi pada Dinas Pariwisata karena mampu menelorkan dua Perda terkait pariwisata yakni Perda tentang Ripparda dan Perda tentang Manado Fiesta. Sehingga, sosialisasi ini sangat penting dilaksanakan,”jelas Sondakh.

Sementara, Kepala Dispar Manado Dra Neivy Lenda Pelealu MSi melalui Kepala Bidang Kelembagaan Sumber Daya Kepariwisataan Steven Runtuwene SSos mengatakan aparatur pemerintah ditingkat kecamatan dan kelurahan harus berperan dalam mensosialisasikan Perda Ripparda dan Perda Manado Fiesta.

“Perda ini harus diketahui dan dikenal oleh pelaku usaha dan masyarakat, sehingga pihak kecamatan dan kelurahan harus mengetahui serta ikut menjelaskan Perda ini kepadq pelaku usaha dan masyarakat,”tukas Runtuwene.

Tampil sebagai pemateri selain dari Dispar Manado juga Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sulawesi Utara.(stephen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *