Diterima Walikota GSVL, Pemkot Manado Raih Level 3 Kapabilitas APIP Dari BPKP Sulut

Manado, MR – Ditengah pandemi Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado kembali meraih prestasi dengan mendapatkan penghargaan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Level 3 dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut).

Penghargaan tersebut diterima langsung Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA di kantor Badan Pengawas Keuangan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sulut, jalan Diponegoro Manado, Rabu (10/06).

Pemkot Manado tahun 2020 ini telah menerima beberapa penghargaan, antara lain dari BPK dengan mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), kemudian dari Kementerian PAN-RB mendapatkan nilai SAKIP BB dan Kapabilitas APIP Level 3 dari BPKP.

“Sebelumnya kita mendapatkan penghargaan level 1, saya kira itu tertinggi ternyata paling rendah. Kemudian saya instruksikan Inspektorat, saya tidak mau tahu di ujung kepemerintahan saya pokoknya kita harus dapat level 3. Akhirnya lewat kerja keras pihak Inspektorat dan bimbingan dari BPKP kita bisa mewujudkan itu,”tandas Walikota GSVL.

Walikota dua periode pilihan rakyat ini juga mengapresiasi pihak BPKP yang terus memberikan bimbingan dan dorongan kepada Inspektorat Kota Manado untuk mendapat hasil yang lebih baik.

“Terima kasih BPKP yang terus mendukung meng-asistensi kami. Saya juga harap BPKP tetap mengawal setiap kegiatan kami di masa pandemi covid-19 saat ini,”tukas Walikota GSVL.

Seraya juga memberikan apresiasi kepada Inspektur Kota Manado, bersama jajaran Inspektorat kota Manado yang telah bekerja keras sehingga ada di level sekarang ini.

Dalam kesempatan itu, Kepala BPKP Perwakilan Sulut DR Setya Nugraha, menyebut dari 16 kabupaten/kota di Sulut baru 7 daerah yang mendapat APIP level 3 termasuk Pemkot Manado.

“Inspektorat Kota Manado perlu diapresiasi karena begitu gigih untuk menaikan level APIP, bekerja keras sehingga hanya perlu tiga bulan untuk menyelesaikan laporan untuk penilaian,”ungkap Nugraha.

Dijelaskan, Level APIP itu dari 1-5, secara nasional kurang dari 50 persen yang mendapat level 3, yang dapat level 4 baru dua instansi. Artinya, memang tidak mudah untuk sampai ke titik ini.

“Saya harap pemerintah kota tidak cepat bangga dengan capaian ini. Jangan cepat puas, tanggung jawab lebih berat karena menyandang level 3. Terus beri value, ibaratnya Inspektorat ini jadi mata dan telinga pemerintah, jadi tempat bertanya, tempat meminta saran. Jadi teruslah berkarya, sekali lagi selamat,”tukas Nugraha.

Tampak hadir mendampingi Walikota GSVL, Kepala Inspektorat Manado Atto Bulo SH MH, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Manado Johnly Evans Tamaka SE, Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan dan Hubungan Masyarakat (Pem-Humas) Setda Kota Manado Drs Sonny M Takumansang, MSi serta jajaran pejabat dilingkungan Inspektorat Kota Manado.(stephen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *