Dua WNI Positif Corona di Depok, Bandara Sam Ratulangi Diminta Diperketat

Manado, MR – Merebaknya informasi terkait dua Warga Negara Indonesia (WNI) positif terjangkit virus corona, warga Kota Manado mendesak agar pemerintah memperketat Bandar Udara (Bandara) Sam Ratulangi Manado.

Apalagi, berdasarkan pernyataan pemerintah jika kedua WNI tersebut tertular virus corona dari warga negara Jepang yang bertemu dengan mereka.

Foto: ist.

“Sebagai warga Manado tentunya kami mendesak kepada pemerintah dan otoritas bandara agar memperketat pengawasan dan deteksi terhadap masuknya orang melalui Bandara Sam Ratulangi. Karena, WNI yang tertular itu setelah kontak dengan orang Jepang. Nah, berarti pengawasan di Bandara waktu orang Jepang ini masuk di Indonesia bagaimana. Ini yang kita tidak inginkan jadi di Manado,”ujar Djamal Sasoeng SE, Pemerhati Kota Manado, Senin (02/03).

Menurutnya, deteksi dini terhadap virus corona di Kota Manado harus dilakukan secara intensif terutama di pintu-pintu masuk seperti Bandara dan Pelabuhan.

“Memang dampaknya ke pariwisata, apalagi dengan adanya kebijakan baru penurunan harga tiket pesawat. Pasti akan banyak orang mau berkunjung ke Manado. Nah, ini yang harus kita waspadai dengan memperketat orang yang masuk Manado melalui Bandara Sam Ratulangi,”tandas Sasoeng.

Seperti diketahui, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam keterangan persnya Senin menyebutkan, dua orang WNI yang positif virus corona tinggal di wilayah Depok, Jawa Barat.

Menurut Terawan, dua orang tersebut merupakan ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun dan saat ini menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Keduanya tertular dari warga negara Jepang yang berkunjung ke rumah mereka di Depok.

Warga Jepang itu baru terdeteksi positif corona setelah meninggalkan Indonesia dan tiba di Malaysia.

Setelah itu, Kemenkes melakukan penelusuran dan dipastikan bahwa ibu dan anak yang melakukan kontak dengan warga Jepang itu juga positif corona.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengumumkan adanya dua orang di Indonesia yang positif terjangkit virus corona.

“Orang Jepang ke Indonesia bertemu siapa, ditelusuri dan ketemu. Ternyata orang yang terkena virus corona berhubungan dengan dua orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Senin.(tammy/kcm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *