Hari Kesaktian Pancasila Diperingati Pemkot Manado di Lapangan Tikala

Manado, MR – Mengangkat tema Pancasila sebagai dasar penguatan karakter bangsa menuju Indonesia maju dan bahagia, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di lapangan Sparta Tikala Manado, Selasa (01/10).

Upacara berlangsung khidmat dengan Inspektur Upacara (Irup) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado Micler CS Lakat SH MH mewakili Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dan komandan upacara Camat Wenang Donald Sambuaga.

Walikota Vicky Lumentut dalam sambutan yang dibacakan Sekda Lakat, mengatakan Pancasila bukan sekedar hafalan. Sehingga, menjadi tantangan bagi generasi sekarang untuk menghidupkan Pancasila dalam pikiran, sikap dan perbuatan.

“Tantangan kita disaat ini, bukan lagi soal menghafal Pancasila diluar kepala. Tantangan kita ialah menghidupkan Pancasila dalam pikiran, sikap, dan perbuatan yang tidak melanggar hak hidup orang lain. Kemerdekaan akan menghasilkan kebaikan bila disertai dengan tanggung jawab,”ujar Walikota GSVL.

Dikatakan, implementasi dari Pancasila di Kota Manado adalah dengan falsafah Pahlawan Nasional DR GSSJ Ratulangi yakni Sitou Timou Tumou Tou yang artinya manusia hidup untuk memanusiakan manusia.

“Bicara Pancasila sebagai kristalisasi dari kearifan-kearifan lokal masyarakat Indonesia, maka kita di Kota Manado mengenal falsafah dari Pahlawan Nasional DR Sam Ratulangi, dimana kita hidup dan menjadikan hidup kita berguna bagi diri kita dan sesama manusia,”tukas Walikota GSVL, seperti dikutip Sekda Lakat.

Dalam kesempatan itu, diserahkan sertifikat Diklat PIM III secara simbolis oleh Sekda Lakat  kepada Sekretaris Dinas Kesehatan dr Marini Maria Kapojos dan Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Manado Fredy Runtuwene.(stephen)