Hasil Pantauan Situasi dan Kondisi Kota Manado, Walikota GSVL: Masih Banyak Warga Belum Patuhi Protokol Kesehatan

Manado, MR – Selama masa pandemi Covid-19, Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, secara rutin mengamati situasi dan kondisi Kota Manado.

Hasilnya, orang nomor satu di Manado itu melihat masih banyak warga kota yang tidak mengindahkan anjuran serta imbauan pemerintah terkait protokol kesehatan penanganan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Ada yang melakukan aktifitas kerja namun tidak menggunakan masker bahkan tidak menjaga jarak,”ujar Walikota GSVL, Kamis (07/05).

Melihat kondisi Kota Manado saat ini,
Walikota dua periode itu mengajak semua pihak untuk berpartisipasi dalam mendisiplinkan diri dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang belum diketahui secara pasti kapan akan berakhir.

“Saya mengajak pemerintah dan masyarakat patuh dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dan secara bersama bergotong-royong lawan Covid-19 dan secepat berakhir di Manado sehingga kita sudah dapat beraktifitas dengan normal kembali,”tandas Walikota GSVL.

Terkait penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Manado, Walikota GSVL menegaskan perlu dikaji lebih dalam dengan memperhatikan beberapa aspek sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 9 Tahun 2020 diantaranya, aspek ketersediaan kebutuhan hidup dasar rakyat (pangan dan lain-lain), sarana dan prasarana kesehatan, anggaran dan operasionalisasi jaring pengaman sosial, aspek keamanan wilayah, serta hak dan kewajiban Pemerintah Kota (Pemkot) dan rakyat.

“Pelajari dengan baik setiap konsekuensi yang ada. Sesuai Permenkes Nomor 9 Tahun 2020, antara lain apabila Pemkot Manado mengajukan permohonan penetapan status Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB kepada Menteri Kesehatan RI, maka wajib menyampaikan informasi kesiapan daerah dalam beberapa aspek,”pungkas Walikota GSVL. (stephen)