IWO Manado Deklarasikan Anti Hoax

Peringati Hari Pemuda ke-90 di Lapangan Tikala

Agryanto Reppy

Manado, MR –Ikatan Wartawan Online (IWO) Kota Manado terus memantapkan komitmennya untuk memerangi berita atau informasi yang tidak benar dan sifatnya pembohongan public atau hoax.

Penegasan tersebut disampaikan Ketua IWO Manado Agryanto Reppy ketika membacakan tujuh butir Deklarasi Anti Hoax, saat upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pemuda ke-90 tingkat Kota Manado di lapangan Sparta Tikala Manado, Senin (29/10).

Selain Deklarasi Anti Hoax, IWO Kota Manado menjunjung tinggi jurnalisme santun dengan mengabarkan dan memberitakan berita-berita akurat sesuai fakta.(stephen)

 

Isi Deklarasi Anti Hoax IWO Manado :

  1. Kami IWO Kota Manado adalah kumpulan Jurnalis Santun menolak penyebaran kabar bohong atau hoaks yang bisa menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan antara sesama.
  2. Kami IWO Kota Manado akan bersatu padu melawan berbagai bentuk fitnah, kebohongan atau hoaks.
  3. Kami mengajak seluruh elemen masyarakat Kota Manado, memanfaatkan media sosial secara positif dan produktif, cerdas, dan mengedukasi mamasyarakat.
  4. Kepada seluruh masyarakat Kota Manado dari segala etnis dan golongan agama, agar tidak mudah terprovokasi isu-isu hoax dan tidak mudah men-share berita hoax kepada orang lain.
  5. IWO Kota Manado mendukung langkah TNI/Polri menjaga dan penyelematan Indonesia dari pertikaian horizontal dengan menangkap pelaku hoax dan kelompok pemecah belah persatuan dan Kesatuan bangsa yang terus mengadu domba lewat penyebaran kebencian.
  6. Mari selamatkan kota kita dari isu isu SARA dan ujaran kebencian dengan menggunakan medsos secara cerdas untuk selalu menyebarkan ujaran kedamaian demi Manado Kota Paling Toleran.
  7. Semoga, deklarasi ini menjadi karya nyata IWO Kota Manado mewujudkan dan mendukung pemerintah dalam mendorong pemanfaatan media sosial yang positif, produktif, dan saling menginspirasi menuju Manado Kota Cerdas 2020 dalam bingkai NKRI.