Kadis Assa Ikut FGD Rencana Detail Tata Ruang Terekomendasi di Bali

Bali, MR – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) DR Peter KB Assa PhD ikut menghadiri Forum Group Discusion (FGD) terkait Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) paket 1 tahun 2019, di Hotel Mercure Kuta, Bali.

FGD yang dilaksanakan Deputi bidang Informasi Geospasial Tematik, Pusat Pemetaan Tata Ruang dan Atlas, Badan Informasi Geospasial (BIG) Pusat tersebut sebagai konfirmasi akhir data penyusunan peta RDTR terekomendasi tahun 2019.

Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) adalah rencana secara terperinci tentang tata ruang wilayah kabupaten/kota yang dilengkapi dengan peraturan zonasi kabupaten/kota.

Dalam ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2010 Pasal 59 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang menetapkan setiap RTRW kabupaten/kota harus menentukan bagian dari wilayah kabupaten/kota yang perlu disusun RDTR nya.

Pertimbangan penetapan kawasan yang akan disusun RDTR harus merupakan kawasan perkotaan atau kawasan strategis kabupaten/kota.

RDTR merupakan rencana yang menetapkan blok pada kawasan fungsional sebagai penjabaran kegiatan ke dalam wujud ruang yang memperhatikan keterkaitan antar kegiatan dalam kawasan fungsional agar tercipta lingkungan yang harmonis antara kegiatan utama dan kegiatan penunjang dalam kawasan fungsional tersebut.

“Dalam FGD ini untuk Manado yakni pertama penyusunan kelengkapan dataset peta tematik dan rencana 8 RDTR yaitu BWP Malalayang, Sario, Wenang, Tuminting, Singkil, Paal Dua, Tikala dan Bunaken, kedua pemeriksaan dataset atribut peta tematik dan rencana dan ketiga pemeriksaan draft Ranperda,”jelas Assa.(stephen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *