Kegiatan Walikota Vicky Lumentut Jelang HUT ke-73 Kemerdekaan RI

Upacara Ziarah Nasional dan Tabur Bunga di TMP Kairagi

JELANG peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2018, Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA memimpin upacara Ziarah Nasional dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi Manado, Kamis (16/08).

Upacara yang berlangsung khidmat tersebut dihadiri pula Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE, serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) seperti Ketua DPRD Manado Nortje Van Bone, Kapolresta Manado Kombes Pol FX Surya Kumara, Dandim 1309 Manado Letkol Arif Harianto, Kepala Kejaksaan Negeri Manado Maryono SH MH dan Ketua Pengadilan Negeri Manado Lukman Bachmid SH MH.

Dalam kesempatan itu, Walikota Vicky Lumentut meletakan karangan bunga di monumen Pahlawan Nasional serta melakukan penghormatan dan hening cipta sejenak untuk mendoakan arwah para pahlawan kusuma bangsa yang dimakamkan di TMP Kairagi Manado.

Usai upacara dilanjutkan dengan tabur bunga di makam para pahlawan. Walikota Vicky Lumentut bersama Wawali Mor dan unsur Forkopimda Manado secara bergantian menabur bunga yang telah disiapkan. Tampak Penjabat Sekretaris Daerah Kota Manado DR Peter KB Assa ST MSc PhD dan para Asisten serta pejabat Perangkat Daerah di jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, ikut pula menabur bunga di pusara para pahlawan.

“Tentunya sebagai anak bangsa, sudah menjadi kewajiban kita untuk menghormati dan menghargai jasa-jasa para pahlawan kemerdekaan kusuma bangsa yang telah berjuang dengan tetesan darah dan jiwa raga untuk kemerdekaan Indonesia. Pengorbanan para pahlawan itu haruslah menjadi pemicu semangat bagi kita untuk mengisi kemerdekaan ini dengan pembangunan,” ujar Walikota Vicky Lumentut.

Orang nomor satu di Manado itu menilai, Ziarah Nasional yang dilaksanakan di TMP Kairagi Manado setiap tanggal 16 Agustus jelang peringatan Hari Kemerdekaan RI, sebagai momentum untuk mengenang kembali jasa-jasa pahlawan Nasional.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Manado, saya menyampaikan selamat menyambut Hari Ulang Tahun ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, kerja kita prestasi bangsa,” pungkas Walikota Vicky Lumentut.

 

Mendengarkan Pidato Presiden Jokowi Bersama DPRD Manado

WALIKOTA Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA bersama Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE, menghadiri rapat paripurna istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2018, Kamis (16/08).

Ada tiga agenda rapat paripurna DPRD Manado yang dipimpin Ketua DPRD Nortje Van Bone, yakni mengikuti Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI) Tahun 2018, pidato kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI dan penyampaian Rancangan Undang-Undang (RUU) Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2019 disertai Nota Keuangan dan dokumen pendukungnya.

Usai pembukaan rapat paripurna, Walikota Vicky Lumentut, Wawali Mor, Ketua DPRD Nortje Van Bone bersama Wakil Ketua dr Richard Sualang dan Drs Danny RWF Sondakh, berpindah tempat duduk menyaksikan Sidang Paripurna MPR-RI yang dilaksanakan di Gedung Nusantara Jakarta melalui layar videotron.

Pada bagian pertama pukul 10.00 Wita, Sidang Tahunan MPR-RI dipimpin Ketua MPR Zulkilfi Hasan untuk mendengarkan pidato Presiden Joko Widodo terkait kinerja lembaga negara. Dilanjutkan, pada bagian kedua pukul 11.40 Wita Rapat Paripurna DPR-RI dipimpin Ketua DPR Bambang Soesatyo mendengarkan pidato Presiden Jokowi jelang HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI. Dan agenda terakhir pukul 15.00 Wita, Rapat Paripurna DPR-RI mendengarkan pidato Presiden Jokowi dalam penyampaian RUU APBN Tahun Anggaran 2019 disertai Nota Keuangan dan dokumen pendukungnya.

Agenda nasional yang dilaksanakan setiap tahun di gedung MPR RI Jakarta tersebut, dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, anggota MPR, DPR, dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD), seluruh jajaran menteri Kabinet Kerja dan kepala lembaga Negara termasuk mantan Presiden dan Wapres RI.

“Sidang Paripurna tahunan setiap tanggal 16 Agustus ini sangat penting untuk diikuti. Ini adalah agenda nasional dalam rangka HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Tujuannya untuk mengukur kinerja pemerintah dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Tentunya juga, dampaknya sampai di Kota Manado,” ujar Walikota Vicky Lumentut.

Rapat Paripurna DPRD Manado berakhir pada pukul 17.00 Wita, dengan ditutup adanya kabar baik yakni kenaikan gaji bagi para ASN dan pensiunan sebesar 5 persen di tahun 2019 mendatang yang diumumkan Presiden Joko Widodo.(*)

 

Editor : stephen (MR)