Kembangkan Smart City, Walikota GSVL Tandatangani MoU Dengan ITB Bandung

Bandung, MR – Dalam rangka mengembangkan Kota Manado menuju Smart City, Pemerintah Kota Manado terus melakukan terobosan dan kerjasama dengan melibatkan perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Salah satunya dengan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dengan ITB dilakukan Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dan Rektor ITB Prof Dr Ir Kadarsah Suryadi, di Ruang Rapim A, Gedung CCAR ITB Lantai 1 Bandung, Jawa Barat, Selasa (24/09).

MoU yang ditandatangani tersebut menitikberatkan pada tiga aspek utama, yaitu pertama penelitian, pengembangan dan inovasi Smart City dan komponen-komponen yang terkait, kedua perencanaan Smart City, termasuk pengembangan tata kelola dan Master Plan dan ketiga pendidikan, pelatihan dan pendampingan dalam pengembangan dan implementasi Smart City.

Dalam sambutannya, Walikota Vicky Lumentut menyatakan suatu kehormatan bagi Pemkot Manado bisa bekerjasama dengan ITB. Apalagi, sejak tiga tahun terakhir, Kota Manado sedang mengembangkan Smart City dengan menghadirkan Cerdas Command Center (C3).

“Hampir tiga tahun ini Manado sedang mengembangkan Smart City, yang ditandai dengan adanya ruang pusat kendali yang bernama Cerdas Command Center atau C3. Sekarang ini, C3 sudah mendapat tempat ditengah masyarakat di Kota Manado,”ujar Walikota GSVL, seraya berharap pihak perguruan tinggi termasuk ITB dapat membantu Kota Manado baik dalam perencanaan maupun pengembangan Masterplan Smart City yang lebih terarah menuju Kota Cerdas.

Olehnya, orang nomor satu di Manado itu berharap setelah panandatangan Nota Kesepahaman ini, segera ditindaklanjuti oleh Perangkat Daerah terkait yakni Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kota Manado dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama (PKS).

Sementara, Rektor ITB Prof Dr Ir Kadarsah Suryadi berterima kasih atas kepercayaan Walikota Manado kepada lembaga pendidikan yang dipimpinnya untuk bermitra dalam pengembangan Smart City di Kota Manado.

“Saya mengapresiasi kepada Bapak Walikota Manado yang telah membangun Cerdas Command Center sebagai instrument yang sangat penting bagi pemerintah dalam mendukung kelancaran operasional pelayanan publik,”tandas Rektor ITB.

Lanjut dikatakan, Pemerintah kota berkewajiban untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Pemerintah kota wajib memberikan pelayanan agar masyarakat hidup tenang, nyaman dan aman termasuk semua service layanan berjalan lancar baik terkait transportasi, Pendidikan, kesehatan, energi, lingkungan dan lain-lain. Dengan Smart City semua sektor layanan publik bisa di manage dengan government yang lebih efisien,”tukas Suryadi.

Diakhir sambutan, Rektor ITB menyatakan siap untuk membantu memajukan Kota Manado karena ITB bukan untuk ITB tapi ITB untuk masyarakat bangsa dan negara termasuk ITB untuk Kota Manado.

Acara diakhiri dengan tukar menukar cenderamata antara pihak Pemkot Manado dan ITB.

Dalam kesempatan itu, rombongan Walikota Manado diajak tokoh Smart City Indonesia sekaligus Guru Besar ITB Prof Dr Ir Suhono Harso Supangkat MEng mengunjungi Smart City Living Lab (SCLL) ITB. Smart City Living Lab merupakan ruangan lingkungan penelitian dalam pengembangan Smart City  secara berkelanjutan yang melibatkan masyarakat, pemerintah, pendidikan dan stakeholder lainnya. SCLL  ITB hadir sebagai sebuah solusi untuk melakukan implementasi dan evaluasi terhadap implementasi Smart City.

Di Smart City Living Lab (SCLL) ITB Walikota Manado mendapat penjelasan dari Tim Smart City & Community Innovation Center (SCCIC) selaku pengelola Lab mengenai inovasi yang sedang dan sementara dikembangkan baik menyangkut kesehatan, pendidikan maupun pariwisata.

Mendampingi Walikota GSVL, Kepala Dinas Kominfo Erwin S Kontu SH dan Kepala Bapelitbangda DR Liny Tambajong serta beberapa pejabat Pemkot Manado lainnya.

Pihak ITB sendiri tampak Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan Prof Dr Ir Bambang Riyanto Trilaksono, Kepala Sub Direktorat Protokol dan Dokumentasi Drs Budi Mulyadi, Kepala Seksi Kemitraan Strategis Dewi Setiawati SE dan Kepala Seksi Administrasi Umum dan Informasi Kemitraan Iin Varidah SAP.(mk/mr)