KemenPAN-RB Apresiasi Mall Pelayanan Publik Milik Pemkot Manado

Walikota GSVL: Kami Siapkan Gedung Baru

KEMENTERIAN Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Republik Indonesia melalui Deputi Bidang Pelayanan Publik Prof Dr Diah Natalia MBA mengapresiasi langkah Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA yang menghadirkan Mall Pelayanan Publik (MPP) di Kota Manado.

Menurut Prof Diah, kehadiran MPP di Kota Manado dapat memberikan pelayanan prima dan berkualitas bagi masyarakat, termasuk meningkatkan daya saing global dalam memberikan kemudahan berusaha.

“Saya memberikan apresiasi yang tinggi atas upaya yang tinggi yang dilakukan Pak Walikota Manado dan jajarannya dalam menghadirkan pelayanan yang prima dan berkualitas melalui Mall Pelayanan Publik ini. Memang di Indonesia, belum banyak daerah yang memiliki MPP. Sehingga, dari Kementerian PAN-RB terus mendorong agar sebanyak mungkin daerah di Indonesia ini membangun Mall Pelayanan Publik,”ujarnya, saat berkunjung ke MPP di kawasan Mantos Manado, Kamis (21/03).

Sebelumnya, Walikota Vicky Lumentut menyampaikan MPP yang terletak di kawasan bisnis Sulawesi Utara yang dimiliki Manado tersebut, teritegrasi dalam 35 pelayanan dari berbagai instansi layanan public di Manado maupun Sulut.

“Mall Pelayanan Publik yang berlokasi di Mantos ini, memang baru kami operasikan kegiatannya dan dilaunching pada bulan Januari 2019. Dengan adanya pelayanan terpadu ini, setiap hari aktifitas masyarakat dalam melakukan pengurusan administrasi layanan public terus meningkat,”tukas Walikota Vicky Lumentut.

Meski demikian, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado tengah menyiapkan lahan di areal reklamasi untuk dibangun gedung MPP permanen.

“MPP yang ada dikawasan bisnis terbesar di Sulawesi Utara ini sifatnya sewa dan hanya sementara. Kami sedang menyiapkan tempat tak jauh dari sini, kami punya lahan reklamasi milik pemerintah Kota Manado, dan akan kami bangun gedung Mall Pelayanan Publik yang baru dan permanen,”tandas Walikota dua periode tersebut.

Dalam kesempatan itu, didampingi Walikota Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE, Deputi Prof Diah melakukan peninjauan sejumlah perangkat pelayanan MPP dipandu Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Manado Jimmy Rotinsulu.

Tampak hadir Irwasda Polda Sulut Kombes Pol Drs Ama Kliment Dwikorjanto, Kapolresta Manado Kombes Pol Benny Bawensel, Sekretaris Daerah Kota Manado Micler CS Lakat SH MH serta para pejabat dilingkup Pemkot Manado.(*)

Editor : stephen (MR)