Konvoi Pendukung FDW-PYR dan PDIP Ganggu Konsolidasi MEP-VT di Rumoong Bawah

Amurang, MR – Aksi konvoi kendaraan bermotor pendukung FDR-PYR dan PDIP mengganggu jalannya kegiatan konsolidasi dan pelantikan tim pemenangan pasangan calon (Paslon) Michaela Elsiana Paruntu-Ventje Tuela (MEP-VT) di Rumoong Bawah, Kecamatan Amurang Barat, Jumat (23/10).

Diduga, aksi konvoi arak-arakan tersebut sengaja dilakukan pendukung paslon PDIP. Beruntung, pendukung Paslon MEP-VT tidak terpancing dengan adanya aksi ini. Aksi ini tentu saja mendapat perhatian dari pihak Kepolisian dan TNI.

Aksi ini pun mendapat tanggapan dari pengamat politik Sulawesi Utara (Sulut) Josef Kairupan.

“Seharusnya patuhi jadwal kampanye. Demokrasi itu bukan berarti berbuat bebas tanpa batasan, tetapi ada koridor yang harus dipatuhi bersama. Termasuk saling menghargai dan memberikan toleransi,”ungkap Kairupan.

Dirinya berharap para tokoh pendukung bahkan Paslon hendaknya saling menunjukkan politik santun, beretika dan elegant.

“Sebagai bentuk memberikan pendidikan politik yang benar kepada masyarakat,”ujar Dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado ini.

Menurutnya, hal ini penting sebagai upaya penanaman kesadaran jika politik yang hendak diperjuangkan bukan semata politik kekuasaan, melainkan politik yang mengedepankan panggilan pengabdian demi kesejahteraan masyarakat luas.

“Perlu adanya dialektika antara partai dan politikus serta masyarakat yang kritis,”kata Kairupan.

Dikatakan, budaya politik santun dan beretika ini diperlukan karena dapat membuat para elite politik menjauhi sikap dan perbuatan yang dapat merugikan keharmonisan tatanan kehidupan masyarakat.

Sementara, Michaela Paruntu berharap para pendukung bisa menjadi ‘Orang Baik’ dalam kehidupan sehari-hari.

“Tidak perlu menjelek-jelekkan orang lain, marilah kita berpolitik dengan santun dan beretika,” tukas Micha Paruntu.

Sementara itu, Kapolsek Amurang, Wensy Saerang, dihadapan para pendukung MEP-VT berharap slogan “Orang Baik” dapat diterapkan.

“Kalau sebentar saat pulang dan bertemu dengan konvoi dari Partai lain, hendaknya para pendukung MEP-VT bisa menjaga sikap. Jadilah orang baik, dengan bisa menjaga keamanan dan kenyamanan dalam bermasyarakat,” pesannya.

Untuk diketahui, Paslon MEP-VT hari ini melaksanakan giat kampanye di Kelurahan Buyungon Kecamatan Amurang serta Kelurahan Rumoong Bawah dan Kelurahan Kawangkoan Bawah di Kecamatan Amurang Barat.(nal)