Kubangan Limbah di Ruas Jalan Trans Sulawesi Diduga Milik Perusahaan Arang

Amurang, MR – Kubangan yang diduga sengaja dibuat untuk pembuangan limbah ditemukan di perkebunan warga Desa Teep, Kecamatan Amurang Barat, tepatnya di samping ruas jalan Trans Sulawesi.

Berawal saat wartawan media manadoreal.com melintasi jalan Trans Sulawesi dan mencium bau busuk yang menyengat, Kamis (22/08).

Setelah melihat dari dekat, bau busuk itu berasal dari kubungan yang cukup besar yang dijadikan tempat pembuangan limbah.

Diduga limbah tersebut milik salah satu perusahan yang mengolah arang tempurung.

Dikonfirmasi ke pihak pengelola perusahaan yang bergerak di bidang karbon yaitu PT CI oleh wartawan media ini, tapi pimpinan perusahaan tidak berada di tempat.

“Bos lagi keluar,”ujar security perusahaan yang ditemui ditengah aktifitas pekerjaan di pabrik.

Ketika ditanya tentang keberadaan lubang kubangan, security perusahaan membenarkan jika pihak perusahaan yang membuat lubang tersebut untuk pembuangan limbah cair.

“Iyo itu torang yang gale for ja buang akang air cucian pering (iya itu kami yang gali untuk pembuangan air cucian kulit ari kelapa),”jelas security.

Diketahui, perusahaan tersebut tidak lagi melakukan aktifitas pengolaan arang tempurung dan sudah beralih ke pembelian Pering atau kulit kelapa.

“Pering tersebut dibawa dari salah satu perusahaan yang bergerak di bidang tepung kelapa yang terletak di Desa Radey,”ungkap salah satu pekerja, yang tidak mau menyebutkan namanya itu.(nal)