Kurangi Volume Sampah, Walikota Vicky Lumentut Ajak Masyarakat Gunakan Sistem 3R

Pantau Kondisi TPA Sumompo Pasca Banjir dan Tanah Longsor

Manado, MR – Disela-sela waktu bersepeda sambil memantau kondisi Kota Manado, Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dengan mengenakan kemeja bertuliskan #MANADO BERSIH, JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN, menyempatkan diri melihat keberadaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang terletak di Kelurahan Sumompo, Kecamatan Tuminting, Jumat (08/02).

Setibanya di TPA milik Pemerintah Kota (Pemkot) Manado itu, orang nomor satu di Manado didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Drs Sonny Rompas dan Camat Tuminting Danny Kumajas SSos, langsung menjejal kawasan tersebut.  Apalagi, pasca bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi Jumat (01/02) pekan lalu, banyak material lumpur maupun sampah yang dibuang ke TPA Sumompo.

“Keberadaan TPA Sumompo ini sekarang ini tidak lagi memenuhi syarat sebagai sebuah TPA yang baik seperti standar Kementerian Lingkungan Hidup. Sebab, sejak banjir bandang yang terjadi tahun 2014 lalu, banyak material lumpur dan sampah yang dibuang ke TPA. Ditambah lagi dengan banjir dan tanah longsor barusan. Kita tidak lagi memiliki TPA dengan system sanitary landfill yang bentuknya holl, karena sekarang sudah berbentuk open dumping atau sudah bukit,”ujar Walikota Vicky Lumentut.

Meski demikian, kata Walikota pilihan rakyat Manado itu, Pemkot tidak tinggal diam melihat kondisi TPA tersebut. Dirinya tengah mencari solusi agar sampah tidak menjadi masalah di Kota Manado. Selain, meminimalisir volume sampah yang dibuang di TPA Sumompo dengan menggalakan 3R (Reuse, Reduce dan Recycle) pada Tempat Pembuangan Sementara (TPS) 3R kecamatan, Pemkot juga tengah menunggu TPA Regional yang dibangun Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

“Kita tentunya berharap permasalahan sampah di TPA Sumompo ini ada solusi yang tepat. Meski kita telah berupaya dengan system 3R menyelesaikan sampah di kecamatan dengan memilah sampah yang bisa didaur ulang dan dimanfaatkan kembali. Sehingga, tidak banyak sampah yang dibawa ke TPA kita,”tandas Walikota Vicky Lumentut.

Walikota Manado dua periode itu berharap peran yang besar dari seluruh masyarakat Kota Manado agar tidak membuang sampah sembarangan. Disamping itu, perlu pula kreatifitas masyarakat dalam memanfaatkan sampah untuk didaur ulang atau dijadikan barang bernilai ekonomis.

“Tidak semua sampah itu harus dibuang dan tak ada gunanya. Banyak yang bisa dimanfaatkan kembali untuk menambah penghasilan. Mari kita peduli terhadap linkungan kita dan selalu menjaga kebersihan, jangan buang sampah di saluran air, buanglah sampah pada tempatnya,”pungkas Walikota Vicky Lumentut.(Stephen)