Mall Dan Pusat Keramaian Tutup Sementara Jalanan Sepi, Walikota GSVL: Ini Sebuah Langkah Maju Masyarakat Cegah Covid-19

Manado, MR – Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA berterima kasih kepada masyarakat Kota Manado yang mematuhi ajakan pemerintah agar tinggal di rumah sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Menurutnya, dari hasil pantauan selama beberapa hari belakangan ini, mall dan pusat keramaian di Kota Manado ditutup sementara, sedangkan warga yang beraktifitas di luar rumah semakin sedikit.

“Saya tentunya mengapresiasi sikap warga Manado yang semakin banyak berdiam diri di rumah sebagai bentuk kepatuhan kepada imbauan pemerintah terkait pandemi Covid-19. Dari apa yang saya pantau di Kota Manado, banyak mall-mall dan tempat-tempat berkumpulnya orang sudah ditutup bahkan kalaupun ada rumah kopi atau rumah makan yang buka, pengunjungnya sedikit tidak seperti hari-hari sebelumnya. Saya menyebutkan ini sebagai sebuah langkah maju untuk kita memutus mata rantai penyebaran virus Corona,”ungkap Walikota GSVL, Jumat (27/03).

Menurutnya, meski aktifitas di Kota Manado berkurang, namun beberapa tempat umum masih diijinkan dibuka, seperti pasar dan supermarket yang menjual bahan kebutuhan pokok masyarakat.

“Memang tidak semua ditutup. Pasar dan beberapa swalayan masih kita ijinkan buka untuk melayani kebutuhan pokok masyarakat. Meski demikian, saya akan bicarakan dengan teman-teman Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) tentang jam operasional pasar dan supermarket yang akan dibatasi. Jadi tidak buka satu hari,”jelas orang nomor satu di Manado itu.

Dirinya berharap kondisi ini tetap dipertahankan warga Kota Manado sampai berakhirnya pandemi Covid-19.

“Jika harus keluar rumah, usahakan menjaga jarak minimal satu meter, selalu cuci tangan serta tidak lupa menggunakan masker,”pungkas Walikota GSVL.(stephen)