Manado Fiesta 2017 Harus Sukses

Walikota GSVL Lapor Mendagri di Jakarta

DEMI suksesnya gelaran iven pariwisata bertajuk Manado Fiesta 2017 yang juga masuk dalam agenda Wonderfull Indonesia dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA tak pernah berhenti memperkenalkan ajang terbesar Kota Manado tahun 2017 itu.

Bersama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado Nortje Henny Van Bone dan anggota dewan kota Lina Pusung, Walikota GSVL menemui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo di ruang kerja Kantor Kementerian Dalam Negeri di Jakarta, Kamis (10/07).

Dalam pertemuan tersebut, Walikota GSVL melaporkan kondisi Kota Manado yang kondusif, termasuk ramainya wisatawan asal Tiongkok yang datang ‘menyerbu’ Kota Manado.

“Kondisi Kota Manado sampai sekarang ini masih kondusif, menghadapi arus kedatangan wisatawan mancanegara khususnya dari Tiongkok, Kota Manado dalam keadaan yang aman dan nyaman,” ujar Walikota terbaik se-Indonesia itu.

Pemerintah Kota Manado, lapor Walikota GSVL, tengah mempersiapkan iven Manado Fiesta 2017 yang akan dilaksanakan pada 1-10 September mendatang. Dimana, ada tujuh festival yang akan digelar yakni Festival Fish and Coral (FisCo), Festival Food, Festival Fashion, Festival Flying, Festival Fun-music, Festival Fair dan Festival Faith.

“Festival yang kita laksanakam ini, selain untuk mendukung pariwisata Indonesia, juga untuk membuktikan pada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang indah serta aman untuk dikunjungi wisatawan,” tukas walikota dua periode tersebut, seraya mengajak Mendagri untuk bisa datang ke Manado Fiesta September nanti.

Dalam kesempatan itu, Mendagri Tjahjo Kumolo menyambut baik serta mengapresiasi langkah yang dilakukan Walikota GSVL dalam mengembangkan industri pariwisata Indonesia khususnya di Kota Manado.

Selain itu, Mendagri juga memberikan arahan-arahan terkait pemerintahan serta berbagai kebijakan yang harus didasarkan pada Undang-Undang dan aturan hukum yang berlaku.

“Saya sangat mendukung upaya-upaya Walikota Manado dan mitranya di DPRD untuk memajukan Kota Manado. Saya mendukung pelaksanaan Manado Fiesta yang digelar pemerintah Kota Manado pada bulan September nanti,” tandas Mendagri.

Sebelum menemui Mendagri, Walikota GSVL dan rombongan diterima Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) DR Soni Sumarsono di ruang kerjanya. Mantan Penjabat Gubernur Sulawesi Utara yang mencetuskan tagline ‘Mari Jo Ka Manado’ itu banyak memberikan saran dan masukan demi suksesnya Manado Fiesta 2017 seraya berjanji akan datang langsung di ajang pawai kendaraan hias FisCo pada 2 September nanti.(*)

 

Ajak Kawanua Jayapura Pulang Kampung

AKRAB dan penuh kebersamaan itulah suasana yang tercipta saat berlangsung sosialisasi Manado Fiesta 2017 yang dilakukan Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PkK) Kota Manado Prof DR Julyeta PA Lumentut Runtuwene MS DEA, di Kota Jayapura, Propinsi Papua, Sabtu (12/08).

Acara yang dihadiri ratusan warga kawanua yang tinggal di Jayapura itu, dihadiri Walikota Jayapura DR Drs Benhur Tommy Manu MM dan warga Kawanua yang menjadi angggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Papua Jefry Kaunang, yang juga Ketua Dewan Pembina Kerukunan Keluarga Kawanua (K3) Kota Jayapura.

Dalam sambutannya, Walikota GSVL memberi apresasi atas kekompakan warga kawanua di Jayapura serta mengaku kagum dengan kebersamaan yang dibangun warga kawanua dengan pemerintah Kota Jayapura. Dimana, ribuan warga kawanua yang tinggal di Jayapura, selama ini telah menunjukan dedikasi dalam membantu pemerintah membangun Kota Jayapura.

“Apa yang saya rasakkan dari Bandara sampai ditempat acara ini, membuktikan kekompakan warga kawanua yang tinggal di Jayapura ini. Saya senang warga Jayapura asal Manado yang tinggal disini telah ikut pula memberi kontribusi membantu pemerintah Jayapura. Rata-rata semua yang ada disini adalah para pekerja yang telah bekerja bertahun-tahun,” ujar Walikota GSVL.

Dalam kesempatan itu, Walikota. GSVL mengajak warga kawanua di Jayapura untuk pulang kampung dan menikmati suasana iven Manado Fiesta 2017 yang digelar pada tanggal 1-10 September 2017 mendatang.

“Saya mengajak warga kawanua disini untuk pulang kampung ke Manado. Mari kita ramaikan acara Manado Fiesta 2017 sekaligus ikut berpengucaan syukur yang kami kemas dalam Thansgiving Kota Manado pada tanggal 10 September,” tukas Walikota GSVL.

Sementara, Walikota Jayapura mengatakan, bantuan yang diberikan warga kawanua di Jayapura sangat terasa. Bahkan, hubungan antara Pemkot Jayapura dengan warga kawanua sudah terjalin sangat baik.

“Orang-orang Manado yang tinggal dan bekerja di Jayapura ini sangat akrab dengan pemerintah. Terima kasih saya kepada orang Manado yang selama ini telah menjalin hubungan yang sangat baik dengan kami,” jelas Walikota Jayapura, yang mengaku pernah study bersama Walikota GSVL di Harvard University, Amerika Serikat. Dirinya berencana untuk datang ke Manado dan menyaksikan agenda kegiatan-kegiatan dalam Manado Fiesta 2017.

“Saya dan pemerintah Kota Jayapura sangat mendukung pelaksanaan Manado Fiesta pada bulan September mendatang. Saya akan berusaha untuk datang ke Manado saat Manado Fiesta,” tandasnya.

Kemeriahan acara sosialisasi Manado Fiesta di Jayapura, yang dilaksanakan di gedung Serbaguna GKI Pniel Kotaraja Jayapura, sangat terasa dengan tampilnya tim kesenian dari Manado seperti Tielman Sisters, Tante Melly Pandean serta Medinos Group. Tak ketinggalan, Walikota Jayapura ikut pula menyanyi yang dibalas Walikota GSVL.

Dan menariknya disaat jamuan makan malam, rombongan Walikota GSVL dijamu makan secara tradisional oleh warga kawanua dengan makan beralaskan daun pisang dengan menggunakan tangan. Sebelumnya, setelah tiba di Jayapura, rombongan Walikota GSVL disambut secara meriah oleh pengurus K3 Jayapura di Bandara Sentani Jayapura.

Kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi pangkalan militer Amerika Serikat yang dipimpin Jenderal Mc Arthur saat Perang Dunia II, serta mengunjungi lokasi pembangunan gedung Walewangko milik K3 Jayapura. Para pengurus K3 Jayapura yakni Ketua Dewan Pertimbangan K3 Hendrik Dengah, Ketua Umum K3 Jayapura Drs Johan Kawatu MS, Sekretaris K3 Pdt Hentje Mandolang, Ketua Rukun Motoling Fenny Berty Rindorindo dan sejumlah pengurus lainnya bersama Brigade Manguni Indonesia (BMi) Kota Jayapura.

Sedangkan, mereka yang mendampingi Walikota GSVL, yakni Ketua Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA) Kota Manado Pdt Roy Lengkong STh, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Drs Albert Wuysang, Plt Kepala Dinas Pariwissta Dra Lenda Pelealu, Kabag Pemerintahan dan Humas Steven Runtuwene serta Tim Kerja Manado Fiesta lainnya.(*)

 

Minta Camat, Lurah Sampai Pala Harus Serius Sosialisasi Kepada Masyarakat

SEMAKIN dekat pelaksanaan Manado Fiesta 2017 yang akan digelar tanggal 1-10 September nanti, Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA gencar lakukan sosialisasi serta mengajak warga kawanua di perantauan untuk pulang kampung.

Meski demikian, orang momor satu di Manado itu juga melihat, masih banyak masyarakat Kota Manado yang belum tahu jika di kota ini ada iven pariwisata terbesar di tahun 2017 ini.

Hal ini disebabkan kurangnya sosialisasi yang harus dilakukan aparat pemerintah di tingkat kecamatan, kelurahan sampai lingkungan.

“Dimana-mana saya melakukan sosialisasi dan mengajak warga Manado yang tinggal di luar Manado untuk pulang kampung dan ikut meramaikan serta mensukseskan iven Manado Fiesta 2017. Jangan sampai sosialisasi yang kita lakukan diluar berhasil, namun aparat pemerintah baik Camat, Lurah sampai kepala lingkungan atau Pala hanya diam saja bahkan terkesan tidak serius,” tandas Walikota dua periode itu, saat bertatap muka dengan jajaran pemerintahan se- Kecamatan Malalayang, di Kantor Camat Malalayang, Senin (14/08).

Walikota GSVL mendorong aparaturnya untuk bekerja keras mensukseskan Manado Fiesta 2017, karena kegiatan ini bukan hanya milik pemerintah semata tetapi milik semua komponen masyarakat yang tinggal di rumah besar Manado.

“Manado Fiesta adalah pesta kita semua yang ada di rumah besar Manado. Masyarakat harus diajak untuk ikut terlibat dalam penyelengaraan pesta ini. Jangan ada kesan hanya pemerintah saja, tapi mari kita libatkan masyarakat,” tukas Walikota GSVL.

Olehnya, Walikota GSVL meminta aparatur yang ada di kecamatan, kelurahan dan lingkungan agar serius mensosialisasikan Manado Fiesta 2017 kepada masyarakat dalam berbagai kesempatan.

“Kewajiban Camat, Lurah sampai Pala-Pala untuk mensosialisasikan kegiatan Manado Fiesta kepada masyarakat. Agar tidak ada lagi masyarakat Kota Manado yang bertanya-tanya tentang Manado Fiesta,” pungkas Walkota pilihan rakyat Manado itu.

Tampak hadir Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Micler CS Lakat SH MH,Camat Malalayang Argo Sangkay, serta sejumlah kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemkot Manado.(*)

 

Peliput : stephen (MR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *