Manado Juara Umum Pertama PORPROV Sulut 2017 di Minahasa

Walikota GSVL Mengaku Bangga Dengan Prestasi Yang Ditorehkan Atlet 

SETELAH melalui perjuangan yang tak mengenal menyerah, kontingen Kota Manado akhirnya berhasil membawa pulang predikat Juara Umum dalam Pekan Olah Raga Provinsi (PORPROV) Sulawesi Utara ke-9 di Kabupaten Minahasa. Keberhasilan kontingen Manado meraih Juara Umum pertama setelah memperoleh 71 emas, 48 perak dan 37 perunggu. Sedangkan Juara Umum kedua Kabupaten Minahasa dan Juara Umum ketiga Kota Bitung.

Penyerahan piala Juara Umum dilakukan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE disaksikan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulut kepada Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, dalam acara penutupan PORPROV Sulut, di Wale Ne Tou, Sasaran Tondano, Minahasa, Senin (16/10).

Walikota GSVL mengaku sangat bangga dengan prestasi yang diraih para atlet dari Kota Manado. Meski demikian, orang nomor satu di ibukota Provinsi Sulut ini menegaskan ada tantangan yang harus dihadapi untuk memasuki level selanjutnya yakni Pekan Olahraga Nasional (PON) di Provinsi Papua.

“Sebagai Walikota Manado, tentunya saya bangga dengan semangat juang atlet-atlet Kota Manado sehingga bisa meraih Juara Umum pertama dalam iven Pekan Olah Raga Provinsi Sulut di Minahasa ini. Tetapi.juga ada tantangan bagi para atlet untuk terus berlatih menghadapi iven PON di Papua,” tandas Walikota GSVL.

Dirinya juga berterima kasih atas support yang tak henti dari pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Manado terutama Ketua Umum Hengky Kawalo dan Ketua Harian Benny Parasan.

“Prestasi yang diperoleh kontingen Manado ini, tidak lepas dari dukungan yang diberikan KONI Kota Manado bersama Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Manado,” jelas Walikota GSVL yang turut didampingi Kabag Pemerintahan Humas Steven Runtuwene SSos kepada sejumlah wartawan.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur OD mengatakan prestasi olahraga di Sulut mulai menampakan kemajuan. Sehingga, ajang PORPROV Sulut digelar dua tahun sekali.

“Untuk Porprov dua tahun depan, akan dilaksanakan di Kota Bitung. Sengaja kita bikin setiap dua tahun, agar kita bisa tahu bagaimana kemajuan pembinaan olahraga lewat suatu kompetisi,” ujarnya.

Tampak pula Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan SE, yang ikut memberikan dukungan bagi keberhasilan kontingen Kota Manado meraih Juara Umum pertama.

Penutupan PORPROV Sulut ke-9 dilakukan Gubernur OD dengan memukul tetengkoren sekaligus menjanjikan Rp 10 Miliar bagi peraih Juara Umum Kota Manado, dan Rp 5 Miliar bagi Kabupaten Minahasa sebagai juara kedua serta Rp 2,5 M bagi Kota Bitung yang akan dianggarkan pada APBD Propinsi Sulut 2018 nanti.(*)

 

 

Walikota GSVL ‘Bakar’ Semangat Kontingen PORPROV Kota Manado¬†

DEMI memberikan support dan membakar semangat Kontingen Kota Manado yang bertarung dalam Pekan Olah Raga Provinsi (PORPROV) Sulawesi Utara (Sulut) ke-9 di Kabupaten Minahasa, dan guna mempertahankan Gelar Juara Umum. Maka Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, rela meluangkan waktu ditengah kesibukan yang padat untuk datang ke lokasi pertandingan di Tondano, Jumat (13/10).

Kedatangan orang nomor satu di Manado itu disambut hangat tim PORPROV Kota Manado dipimpin Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Manado Hengky Kawalo SE.

“Kedatangan saya untuk memberikan dukungan dan support kepada atlit-atlit kita dan kontingen Kota Manado yang bertanding dalam iven olahraga PORPROV di Minahasa. Saya yakin, target kita untuk menjadi Juara Umum akan tercapai,” ujar Walikota GSVL, saat berada di lokasi pertandingan pencak silat, di Gedung Olah Raga Lapangan Manguni Sasaran Tondano.

Menurutnya, prestasi yang diukir dalam ajang PORPROV ke-9 di Minahasa ini menjadi tolak ukur kemajuan olahraga di Kota Manado.

“Pemerintah Kota Manado mendukung penuh peningkatan prestasi olahraga di Kota Manado. Karena dengan berolahraga akan membentuk mental dan perilaku anak-anak muda di Manado pada hal-hal yang positif,” tukas Walikota GSVL.

Selain cabang Pencak Silat, Walikota GSVL didampingi Ketua Komisi IV DPRD Sulut James Karinda SH MH, juga Ketua Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA) Manado Pdt Roy Lengkong STh, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Manado Drs Albert Wuysang, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Manado Laurens ‘Enco’ Umboh serta Kepala Bagian Pemerintahan dan Humas Steven Runtuwene SSos, menuju ke lokasi pertandingan cabang Anggar di Kiniar Tondano.

Ditempat itu, Walikota pilihan rakyat Manado tersebut memberi semangat kepada atlit anggar yang sedang bertanding.

“Terima kasih untuk perjuangan membawa harum nama Kota Manado di PORPROV tahun 2017 ini,” tandas Walikota GSVL.(*)

 

Peliput : Stephen (MR)