Masuk 100 Iven Pariwisata Indonesia, Pemkot Siapkan Manado Fiesta 2020

Manado, MR – Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan SE mewakili Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Pembangunan Kemitraan Pariwisata Dinas Pariwisata bersama Stakeholder Industri Pariwisata Kota Manado menuju Manado Fiesta 2020, di Arya Duta Hotel Manado, Kamis (28/11).

Dalam sambutannya, Wawali Mor mengatakan iven Manado Fiesta yang dimulai tahun 2017 merupakan pesta pemerintah dan masyarakat yang ada di Kota Manado.

“Manado Fiesta pertama tahun 2017 dilaksanakan langsung pemerintah Kota Manado dengan melibatkan perangkat daerah,”jelas Wawali Mor.

Dikatakan, berdasarkan pengalaman tahun 2017, Walikota Vicky Lumentut kemudian mengumpulkan semua perangkat daerah untuk mempersiapkan Manado Fiesta 2018.

“Tahun 2018 kita gunakan Event Organizer dan puji Tuhan iven ini berlangsung sukses dengan dihadiri Menteri Dalam Negeri termasuk Gubernur Sulut dan para pejabat lainnya,”tukas Wawali Mor.

Memasuki tahun ketiga 2019, Manado Fiesta dilaksanakan malam hari sesuai ide Walikota GSVL.

“Kegiatannya berlangsung baik dan lebih berkualitas sehingga Kementerian Pariwisata memasukan Manado Fiesta dalam 100 iven kalender pariwisata Indonesia,”ujar Wawali Mor.

Olehnya, Wawali Mor berharap peserta Rakor dapat memberikan ide dan gagasan untuk Manado Fiesta 2020 dengan mempertahankan tema tentang Manado Underwater dengan keindahan Taman Laut Bunaken.

“Ini yang akan kita fokus bersama untuk Manado Fiesta 2020, mudah-mudahan ada kreatifitas yang baru, sehingga para pelaku usaha serta komunitas seni di Kota Manado dapat terlibat langsung dalam iven Manado Fiesta 2020. Kita berharap pula ada sponsor serta dukungan seluruh stakeholder,”pungkas Wawali Mor.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Manado Dra Neivi Lenda Pelealu MSi mengatakan iven Manado Fiesta dari tahun 2017 sampai 2019 merupakan acuan untuk pelaksanaan Manado Fiesta 2020.

“Kita bersyukur karena iven Manado Fiesta telah masuk dalam 100 iven kalender pariwisata Indonesia tahun 2020. Meski terbilang muda, karena Manado Fiesta baru tahun ketiga dibandingkan dengan iven pariwisata daerah lainnya, namun kita akan belajar banyak untuk menjadikan Manado Fiesta iven yang luar biasa kedepannya,”tandas Pelealu.

Rakor berlangsung sehari itu diikuti para pelaku pariwisata seperti perhotelan, restauran, agen travel dan lainnya termasuk komunitas seni di Kota Manado. Juga unsur Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manado. (Stephen)