Masuk 2017, GSVL-MOR Cetuskan Komitmen 953

Kinerja Pejabat Masih Akan Dievaluasi

SELURUH aparatur dijajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Manado harus mampu bekerja dengan baik serta bertekad melaksanakan visi dan misi Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE lima tahun kedepan.

Untuk menjaga komitmen dan tekad tersebut, Walikota GSVL mencetuskan Komitmen 953. Hal itu dikatakan Walikota GSVL saat memimpin Rapat Kerja Perangkat Daerah jajaran Pemkot Manado Awal Tahun 2017, di ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado, Selasa (17/1) siang.

Menurutnya, Komitmen 953 berisikan “sembilan paham” kemudian “lima siap” dan “tiga semangat” yang memberikan aturan-aturan yang jelas untuk dijalankan para pejabat di Pemkot Manado.

“Saya berharap mereka yang baru saja dilantik untuk mengisi struktur jabatan dalam OPD baru kita, bisa bekerja dan menunjukan kinerja yang baik. Karena kami akan terus melakukan evaluasi kinerja. Saya dan Pak Wakil Walikota berharap ada komitmen antara kami dengan saudara-saudara yang kami namakan Komitmen 953,”tukas Walikota GSVL.

Dikatakan orang nomor satu di Manado itu, Komitmen 953 ini harus dilaksanakan. Jika tidak sanggup, berarti siap untuk diganti. Apalagi, masih banyak yang antri dan mengincar posisi mereka.

“Banyak yang antri dibelakang dan mengincar posisi saudara-saudara. Kalau saudara-saudara tidak mampu melaksanakan Komitmen 953 ini, kami akan ganti dengan yang mampu,”tukas Walikota GSVL, seraya menjelaskan satu persatu aturan-aturan yang tercantum dalam Komitmen 953.

Walikota GSVL memberikan penekanan pada poin 5 dalam “lima siap” dinyatakan siap mundur dari jabatan apabila melanggar hukum atau melakukan praktek asusila atau dinilai kerja tidak baik oleh rakyat/pimpnan.

“Saya tidak akan mentolerir jika ada pejabat yang terlibat narkoba, melanggar hukum apalagi yang terlibat praktek asusila. Jangan mengingini milik orang lain. Jangankan rumput di birman, tikus di rumah juga dimakan,”ketus Walikota GSVL.

Dikatakan pemimpin pilihan rakyat Manado itu, angka sembilan identik dengan tanggal 9, angka lima artinya bulan Mei dan angka tiga artinya yang dilantik pasangan nomor urut tiga. Menariknya, dalam Raker Perangkat Daerah tersebut muncul yel-yel baru sebagai penyemangat dan motivasi bagi pejabat Pemkot Manado.

“Kalau saya sebut 953, silahkan dijawab serempak Cerdas, Paham, Siap, Semangat, untuk rakyat Kota Manado,”tukas Walikota GSVL. Raker yang berlangsung sekira dua jam itu, selain dihadiri GSVL-Mor, juga Plt Sekretaris Kota Drs Rum Dj Usulu, para Asisten, pimpinan Perangkat Daerah, Camat dan Lurah se-Kota Manado.(*)

Komitmen 953 Kepala Perangkat Daerah

“9 PAHAM”

1.Paham visi dan msi sserta isi RPJMD kota manado 2016-2021,

2.Paham Renstra serta Tupoksi Perangkat Daerah (PD)-nya,

3.Paham job discription stafnya,

4.Paham semua SOP pada PD nya,

5.Paham isi DPA dan progress fisik serta keuangan PD nya,

6.Paham masalah pada PD nya,

7.Paham manfaatkan TIK dan peka terhadap isu-isu kota yang berkembang di media sosial,

8.Paham jadwal dan siklus perencanaan APBD,

9.Paham stakeholders dan asset pada PD nya.

 

“5 SIAP”

1.Siap berkoordinasi dan bekerjasama dengan PD lainnya,

2. Siap berprestasi kerja di PD nya dan laksanakan setiap petunjuk pimpnan,

3.Siap tidak terlibat penyalahgunaan narkoba dan barang terlarang lainnya, hidup bersih dan sehat serta menjadi panutan bagi karyawan, keluarga dan masyarakat,

4.Siap menjawab isu-isu yang berkembang di media sosial tentang kinerja Pemkot Manado,

5.Siap mundur dari jabatan apabila melanggar hukum atau melakukan praktek asusila atau dinilai kerja tidak baik oleh rakyat/pimpnan

 

“3 SEMANGAT”

1.Semangat bekerja cerdas, logis dan cermat serta menjaga integritas dan loyalitas,

2.Semangat berinovasi dan memberi pelayanan yang terbaik dalam menjalankan tugas

3.Semangat menjaga dan meningkatkan image Kota Manado dimata propinsi, nasional dan internasional.

Komitmen 953 Sepakat Ditandatangani

LANJUTAN Rapat Kerja (Raker).awal Tahun 2017 Perangkat Daerah (PD) jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, dilaksanakan di ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado, Rabu (18/1) pagi hingga malam.

Seluruh PD dilingkup Pemkot Manado diberikan kesempatan untuk menyampaikan presentasi terkait tugas pokok dan fungsinya termasuk target dan inovasi yang akan dilaksanakan pada tahun 2017 ini.

Rapat dipimpin Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE dihadiri Walikota DR R GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Kota Drs Rum Dj Usulu, diikuri para Asisten, pimpinan PD, Camat serta Lurah se-Kota Manado. Sebagian besar presentasi yang dilakukan pimpinan PD mendapat kritikan Wawali Mor.

Pasalnya, waktu 10 menit yang diberikan kepada masing-masing pimpinan PD, lebih banyak menjelaskan tupoksi dan kurang memberikan penekanan terhadap target dan inovasi pada tahun 2017.

“Rata-rata pimpinan Perangkat Daerah lebih banyak menyampaikan tupoksi, namun target serta inovasi belum dijelaskan secara rinci. Apa saja yang akan dilaksanakan di tahun 2017 serta apa target yang hendak dicapai. Ini yang pokok sebenarnya dalam memanfaatkan waktu yang singkat ini,”ujar Wawali Mor.

Dalam kesempatan itu, Walikota GSVL ingatkan para pimpinan PD agar mampu berkreasi dan berinovasi dalam tupoksi masing-masing melayani masyarakat.

“Saya ajak mari bekerja sambil berkreasi melakukan inovasi-inovasi dalam meningkatkan layanan publik yang semakin baik,”ujar Walikota GSVL.

Disamping itu, tambah orang nomor satu di Manado itu, setiap pejabat Pemkot wajib hukumnya untuk melaksanakan komitmen 953 dalam rangka menciptakan pemerintahan yang transparan, akuntabel dan bebas dari korupsi.

“Jangan lupa Komitmen 953 sebagai bentuk tekad kita menjadikan pemerintahan di Kota Manado menjadi poemerintahan yang bersih dan bebas dari masalah korupsi,”tukasnya.

Usai Raker, para pejabat Pemkot Manado sampai Camat dan Lurah secara bersama-sama menandatangani Komitmen 953. “Silahkan ditandatangani Komitmen 953 ini, sebagai bentuk tanggung jawab kita,”pungkas Walikota GSVL.(*)

 

Peliput : Stephen (MR)