Moeldoko Kunjungi Stand Manado Dalam Pameran ASAFF 2020, Prof Paula Ikut Promosikan Cap Tikus Wulan Waraney

Jakarta, MR – Produk pertanian, perkebunan dari Industri Kecil Menengah (IKM) Kota Manado yang ditampilkan dalam pameran Asian Agriculture and Food Forum (ASAFF) tahun 2020 mendapat apresiasi Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) yang juga Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (12/03).

Moeldoko yang datang langsung meninjau stand pameran Pemerintah Kota (Pemkot) Manado tampak tertarik dengan berbagai produk industri pertanian dan perkebunan seperti Kopi Manado dan Cap Tikus berlabel Wulan dan Waraney.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Manado ikut mempromosikan produk lokal produksi IKM Manado kepada para pengunjung yang memadati area pameran.

“Ini adalah Cap Tikus berlabel Wulan Waraney produksi dari para pelaku usaha di Kota Manado,”tukas Prof Paula, sapaan akrab isteri tercinta Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA.

Dalam kesempatan tersebut, Ketuà Umum HKTI Moeldoko mengatakan acara ini menjadi ajang bagi pameran produk tani unggulan dan kolaborasi antarnegara serta antarpebisnis di kawasan Asia.

Sehingga diharapkan forum pameran ini menghasilkan sinergi dan kolaborasi dalam memenuhi kebutuhan pangan di Asia.

”Peran dan posisi Asia dalam produksi pertanian global sangat besar. Kolaborasi akan membangun ketahanan pangan negara-negara Asia dan menjamin ketersediaan pangan dunia,”tandas Moeldoko.

Dikatakan, forum ini menjadi ajang mencari solusi pada permasalahan di sekitar petani. Adapun negara yang akan berpartisipasi diperkirakan 20 negara, di antaranya Tiongkok, Vietnam, Thailand, Jepang, Malaysia, dan lainnya. Dan menjadi ajang rutin sebagai wadah pertemuan stakeholders pertanian untuk membahas isu-isu strategis pertanian di kawasan Asia dan membangun kerja sama government to govverment (G2G) dan business to business (B2B).

“Terutama dalam kebijakan pertanian, budi daya pertanian, teknologi pertanian, dan bisnis sektor pertanian dalam arti luas termasuk perikanan dan peternakan,”pungkasnya.

Sejumlah pejabat Pemkot Manado tampak hadir mendampingi Ketua TP-PKK Kota Manado diantaranya Asisten II Setda Kota Manado Ir Philips Benyamin Sondakh, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Manado Hendrik Warokka SPd DEA, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Innov Walelang SSos MSi serta Kepala Dinas Pariwisata Kota Manado Dra Neivy Lenda Pelealu MSi. (stephen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *