Pasar Kayu Bulan Bakal Dijadikan Pasar Induk Manado

Pemkot Serahkan Asset Pasar Kayu Bulan Kepada PD Pasar

Manado, MR – Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dalam waktu akan mengoperasikan Pasar Kayu Bulan di Kelurahan Malalayang Satu, Kecamatan Malalayang. Pasar tersebut diproyeksikan menjadi pasar induk dan percontohan di Kota Manado karena akan dilengkapi dengan sarana penunjang untuk melayani masyarakat.

“Tujuan dari pasar baru ini, adalah agar penjual lebih nyaman dan pembelinya juga senang, dan jualannya lebih baik dari pasar sebelumnya, dimana pasar Kayu Bulan ini akan menjadi pasar percontohan di kota Manado,”jelas Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, ketika bertatap muka dengan pedagang di Pasar Kayu Bulan, Selasa (07/05).

Menurutnya, sebagai pasar percontohan nantinya pasar tersebut akan dilengkapi fasilitas pendukung dalam memberikan pelayanan kepada pedagang dan pembeli, seperti Poli Klinik Kesehatan, Tempat Ibadah, juga disiapkan ruang untuk pendidikan bagi anak-anak yang kedua orangtuanya sebagai pedagang dipasar. Termasuk berfungsi sebagai pasar induk untuk menampung semua bahan yang masuk ke Manado dipacking terlebih dahulu, selanjutnya didistribusikan ke semua pasar tradisional di kota Manado.

“Pola pengelolaan yang demikian efektif, selain itu membuat pengelolaan sampah menjadi lebih baik karena semua sampah langsung diselesaikan di Kayu Bulan lewat proses pembakaran sampah melalui alat Incinerator yang ada di lokasi Pasar. Sedangkan lokasi eks Pasar Bahu selanjutnya akan dijadikan pasar kuliner khusus menjual aneka kue tradisional dan jajanan Manado,”tandas orang nomor satu di Manado itu.

Dalam kesempatan itu, dilakukan penyerahan asset Pasar Kayu Bulan dari Pemkot Manado yang diwakili Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Manado Hendrik Warokka kepada Direktur Utama Perusahaan Daerah (PD) Pasar Manado Stenly Suwuh.(pemhum/stephen)