Pasien Corona di Sulut Jadi 8 Orang, Penularan Lokal Sesama Warga Manado Perlu Diwaspadai

Manado, MR – Hanya berselang sehari, Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengumumkan sudah lima orang positif Corona di Sulut, Selasa (07/04) hari ini sudah bertambah lagi tiga orang terkonfirmasi positif Covid-19 sehingga total akumulatif menjadi 8 orang positif Corona.

Juru bicara Satgas Covid-19 Propinsi Sulut dr Steaven Dandel, menjelaskan ketiga orang tersebut berasal dari Tomohon, Minahasa Utara dan Manado.

Menurutnya, ketiga pasien positif terkonfirmasi Covid-19 itu yakni seorang pria berusia 65 tahun dari Tomohon. Namun, pasien tersebut meninggal sebelum hasil laboratoriumnya keluar.

Pasien kedua wanita berusia 56 tahun dari Minahasa Utara. Meski tidak memiliki riwayat perjalanan keluar daerah, namun wanita paruh baya itu terinfeksi virus Corona dari salah satu keluarga yang datang dari luar daerah.

“Sementara pasien ketiga adalah seorang pria berusia 20 tahun di Manado, yang punya riwayat kontak erat dengan salah satu pasien positif yang sementara di rawat di rumah sakit,”jelas Dandel.

Berdasarkan hal itu, Dandel menilai saat ini Manado sudah menjadi daerah dengan transmisi lokal Covid-19, sehingga masyarakat diminta untuk lebih waspada.

“Saat ini Manado sudah menjadi daerah dengan transmisi lokal Covid-19. Masyarakat diminta untuk lebih waspada dan melakukan antisipasi,‚ÄĚterang Dandel.

Transmisi lokal berarti terjadi penjangkitan dari orang ke orang di dalam suatu lokasi dan bukan dari orang yang berasal dari luar daerah.

Berdasarkan data tersebut, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kembali merilis data terbaru terkait pemantauan virus corona, dimana jumlah pasien positif Corona di Provinsi Sulut bertambah menjadi 8 orang, 1 dinyatakan sembuh.(tammy)

Foto : istimewa