Pemdes Mobuya Laksanakan Musyawarah RKPDes dan Rembug Stunting 2021

Bolmong, MR – Pemerintah Desa (Pemdes) Mobuya, Kecamatan Pasi Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) melaksanakan musyawarah Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) dan rembug stunting, di rumah Kepala Desa Mobuya, Selasa (11/08).

Musyawarah dihadiri Camat Pasi Timur Danny Rorimpandey, Kepala Desa (Sangadi-red) Mobuya Alfrits Lembong,  Ketua Badan Perwakilan Desa (BPD), Pendamping Desa, Bidan Desa serta aparat desa, tokoh- tokoh agama dan unsur masyarakat desa.

Beberapa hal dibicarakan dalam RKPDes dan rembug stunting termasuk pengusulan rencana pembangunan desa satu tahun kedepan menuju desa yang maju mandiri dan sejahtera.

“Dari hasil yang tercantum dalam dokumen RPJMDes, kami dari Pemerintah Desa Mobuya telah memilah sebagai skala proritas pembangunan selama satu tahun kedepan untuk menjadi dasar acuan untuk menyusun rancangan RKPDes,”ujar Kepala Desa Mobuya Alfrits Lembong.

Dikatakan, dalam usulan ini dari hasil RKPDes 2021 beberapa usulan rencana pembangunan seperti pembuatan jalan usaha tani, paving, sumur bor, bea siswa, pembangunan tribun olah raga, kostum olah raga, ambulance desa, penerangan lampu jalan dan drainase.

Sementara, dalam musyawarah rembug stunting bagi pegiat pemberdayaan dan pelaku pembangunan desa di bidang Kesehatan mengusulkan penambahan makanan bergizi untuk anak anak kurang gizi, ibu hamil serta lansia. Selain itu, pengadaan air bersih, alat-alat Posyandu, timbangan bayi dan orang dewasa, pengukur tinggi badan untuk bayi dan orang dewasa, jambanisasi, buah-buahan, insentif kader KPM, renovasi gedung Puskesmas Pembantu (Pustu).

Musyawarah pembahasan usulan RKPDes dan rembug stunting ini juga membentuk Tim Verifikasi dimana Kepala Desa menjadi Pembina dan Sekdes menjadi Ketua Tim.

“Untuk itu dalam masa pandemi Covid-19 ini, marilah kita semua untuk menjaga akan kesehatan kita dan harus selalu mengikuti akan Protokol Kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah, agar supaya apa yang kita sudah programkan kedepan akan terlaksana dengan baik dengan jiwa yang sehat,”pungkas Lembong.(jhon)

Foto : Kepala Desa Mobuya Alfrits Lembong