Pemkot Tanggung Biaya Kuliah Lima Anak Berprestasi di Manado

Walikota Vicky Lumentut Teken MoU Dengan Universitas Sampoerna

Jakarta, MR – Untuk mewujudkan salah satu upaya Cerdas Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan, khususnya dalam membangun sumber daya manusia (SDM) di Kota Manado, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado menjalin kerjasama dengan Universitas Sampoerna (US) Jakarta, salah satu perguruan tinggi yang bekerjasama dengan University of Arizona, Amerika Serikat.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman bersama dilakukan Walikota GS Vicky Lumentut dengan Head of Corporate and Partner Relation Yayasan Putera Sampoerna Indra Pratama Kusumah, di kantor Sampoerna Stategic Square, Jalan Sudirman Jakarta, Rabu (06/03).

Bentuk kerjasama yang dilakukan diantaranya dengan memberi kesempatan bagi anak-anak yang berprestasi di Manado untuk melanjutkan kuliah di Universitas Sampoerna dengan biaya yang ditanggung Pemkot Manado selama 4 tahun. Dimana, tahapan seleksinya dimulai Maret 2019 ini.

“Kesempatan bagi anak-anak Manado ikut belajar di Universitas of Arizona di Indonesia. Tahun ini jatah 5 orang untuk Manado. Biaya akan ditanggung Pemkot Manado sampai selesai kuliah. Untuk anak-anak SMA yang nilai raportnya sampai kelas 2 rata-rata 80 ke atas, dan yang lolos seleksi dari tim Universitas Sampoerna, kemudian anak tersebut lulus Ujian Nasional SMA maka akan langsung diterima kuliah di Universitas Sampoerna Jakarta. Ayo manfaatkan kesempatan emas ini untuk anak-anak yang otaknya cerdas dan punya kemauan keras untuk belajar,”tandas orang nomor satu di Manado itu.

Untuk tes awal, jelas Walikota Vicky Lumentut, berupa Matematika, Pengetahuan Umum, Bahasa lnggris (reading and writing). Para pendidik merupakan dosen dari University of Arizona, dan dosen dalam negeri yang lolos tes dari University of Arizona. Untuk pilihan fakultas yakni Fakultas Teknik (Mesin dan Industri), Fakultas Bisnis (Managemen dan Akuntansi), Fakultas Pendidikan Keguruan (Bahasa lnggris dan Matematika).

“Setelah lulus nanti, dapat ijazah dari Universitas Sampoerna dan dari University of Arizona. Pondokan atau tempat tiggal selama kuliah disiapkan oleh Universitas Sampoerna. Nanti setelah lulus, mereka nanti bekerja kalau pemkot mau panggil balik ke Manado disilahkan. Atau kalau mereka bebas cari kerja maka Yayasan Putera Sampoerna akan salurkan mereka untuk kerja di perusahaan dan sekolah ternama di dalam dan di luar negeri,”pungkas Walikota Vicky Lumentut.(Stephen)