Pengucapan Syukur Digelar Minggu Besok, Desa Wineru Terapkan Protokol Kesehatan

Bolmong, MR – Meski dilanda pandemi Corona Virus Disease 19 (Covid-19), masyarakat Desa Wineru, Kecamatan Poigar, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), akan menggelar perayaan pengucapan syukur pada hari Minggu 2 Agustus besok.

Perayaan pengucapan syukur merupakan tradisi serta budaya masyarakat Suku Minahasa yang ada di Propinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang dilaksanakan setiap tahun.

Pemerintah Desa Wineru telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong melalui Asisten 1, pihak Kecamatan Poigar, Polsek Poigar, serta Badan Permusyawaratan Desa (BPD) desa dan aparat desa, dimana penyelenggaraan perayaan pengucapan syukur tersebut dilaksanakan secara sederhana dengan mengikuti Peraturan Pemerintah terkait Protokol Kesehatan ditengah pandemic Covid-19 .

“Untuk pelaksanaan pengucapan syukur tahun ini dirayakan dengan sederhana karena dengan adanya virus Corona,”jelas Sekretaris Desa (Sekdes) Deky Tuturoong, Sabtu  (01/08).

Dikatakan, sesuai hasil kesepakatan interen dengan lembaga adat di desa serta BPD, penyelenggaraan pengucapan syukur tidak menerima tamu dari luar, kecuali berhubungan erat dengan keluarga langsung seperti orang tua atau anak kandung yang datang dari daerah lain.

“Jadi untuk sahabat serta handai taulan dan kerabat yang akan datang ke pengucapan syukur di desa kami besok Minggu (02/08), untuk mengurungkan dulu niatnya, bukannya kami akan memutuskan hubungan silahturahmi ini karena dengan adanya virus Corona. Mudah-mudahan tahun depan virus ini sudah berakhir, pasti kita akan berjumpa lagi,”tukas Tuturoong.

Lanjut dikatakan, mulai Sabtu (01/08) hari ini, warga Desa Wineru melakukan penjagaan keamanan ketat di pintu masuk desa dibantu oleh pihak kepolisian Polsek Poigar.

“Kami juga telah mengimbau kepada warga agar masing-masing rumah setiap keluarga untuk menyiapkan tempat untuk cuci tangan, dan untuk menggunakan masker, hindari kerumunan, jaga jarak, serta jangan lupa selalu cuci tangan dengan menggunakan sabun di air yang mengalir untuk mencegah akan penularan Covid-19,”pungkas Sekdes Tuturoong.(jhon)

Foto: Sekertaris Desa Wineru Deky Tuturoong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *