Perayaan Cap Go Meh di Manado Meriah, Walikota GSVL Ikut Dalam Barisan Duta Harmoni

Manado, MR – Puncak perayaan Cap Go Meh 2571 tahun 2020 dilaksanakan dalam bentuk ritual Goan Siau di kompleks pecinan, Kampung Cina pusat Kota Manado, Sabtu (08/02).

Ribuan warga Kota Manado dan sekitarnya memadati ruas jalan yang dilewati peserta perayaan Cap Go Meh meskipun sempat diguyur hujan.

Ritual keagamaan umat Tridharma itu berlangsung meriah apalagi perayaan Cap Go Meh telah menjadi kalender tetap Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Pariwiaata Kota Manado.

Selain peserta ritual keagamaan, tampil pula peserta pawai non ritual, diantaranya tarian Kabasaran, Paskibraka, marching band Satpol PP Kota Manado, musik bambu, BKSAUA, FKUB/Duta Harmoni, masamper, parade kendaraan hias, dan atraksi lainnya dari siswa SD dan SMP di Kota Manado.

Walikota Manado, DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dalam sambutannya mengatakan ritual keagamaan umat Tridharma semakin memperkuat kerukunan dan semangat toleransi masyarakat di Rumah Besar Kota Manado yang beragam suku, agama, etnis dan budaya.

“Manado semakin maju, Manado semakin baik dan Manado tetap rukun, selamat menyaksikan perayaan Cap Go Meh, rakyatku di Kota Manado dan sekitarnya, juga selamat datang para turis mancanegara untuk menyaksikan atraksi budaya ini,”tukas Walikota GSVL.

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Manado itu ikut bergabung dalam barisan kelompok peserta Duta Harmoni dan berjalan mengikuti route yang ada.

“Torang pe Walikota Vicky Lumentut memang dekat dengan rakyat,”celoteh seorang warga usai berswafoto dengan Walikota GSVL.

Sebanyak tujuh Tang Sin dari berbagai Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) di Kota Manado meramaikan upacara adat 14 hari setelah hari raya Imlek tersebut.

Tampak hadir Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulut mewakili Gubernur Sulut, Forkopimda Kota Manado serta Kepala Dinas Pariwisata Kota Manado Dra Lenda Pelealu MSi.(stephen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *