Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-89 di Kota Manado

Pimpin Upacara, Walikota GSVL Bakar Semangat Generasi Muda

PERINGATAN Hari Sumpah Pemuda tahun 2017 tingkat Kota Manado dilaksanakan di Lapangan Sparta Tikala Manado dengan inspektur upacara (Irup) Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, Sabtu (28/10).

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dalam sambutan tertulis yang dibacakan Walikota GSVL, ikut membakar semangat generasi muda Indonesia khususnya di Kota Manado.

“Melalui peringatan hari Sumpah Pemuda tahun ini, kami menyampaikan salam hangat bagi tokoh-tokoh pemuda di seluruh penjuru negeri dan manca negara beserta keluarga, untuk tetap berjuang dan berupaya sekuat tenaga demi kemajuan dan kemakmuran Bangsa Indonesia, serta terus menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Walikota GSVL mengutip kata-kata Menpora.

Lanjut dikatakan, sebagai generasi muda yang hidup di era sekarang ini, patut memberi apresiasi yang tinggi terhadap pernyataan Ir Soekarno Presiden RI pertama yang menganggap pemuda itu sangat penting sebagai kekuatan untuk menaklukan dunia.

“Penghargaan dan hormat kita semua kepada Bung Karno, bapak bangsa tokoh pemuda masa itu, yang menerikkan kalimat yang sangat terkenal ‘Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya, Beri aku 10 Pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia,” tegas Walikota GSVL.

Dikatakannya, sebagai pemimpin di Kota Manado, dirinya terus mensupport dan mendorong para pemuda di kota ini untuk meningkatkan kreatifitas serta perannya dalam membangun Kota Manado,” tandas Walikota GSVL, seraya menyampaikan selamat Hari Sumpah Pemuda tahun 2017.

Upacara yang berlangsung khidmat itu, turut dihadiri Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE, Dandim 1309 Manado Letkol ARM Toar Pioh, para pejabat Perangkat Daerah dilingkup Pemerintah Kota Manado serta ratusan peserta upacara khususnya para pemuda di Kota Manado.(*)

 

Ajak OKP Berdialog Lewat Coffee Morning

KERINDUAN Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA untuk berdialog dengan kalangan organisasi kepemudaan di Kota Manado, akhirnya terealisasi. Hal itu terlihat saat berlangsungnya coffee morning Walikota GSVL dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Manado dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-89 tahun 2017, di Ananas Cafe, Jalan BW Lapian Tikala Manado, Senin (30/10).

Dalam kesempatan dialog yang dimoderatori Ketua KNPI Manado Erick Kawatu itu, Walikota GSVL mengajak organisasi kepemudaan di Kota Manado agar ikut membantu pemerintah dalam mendorong partisipasi pemuda dalam pembangunan.

Selain itu, dalam dialog tersebut, Walikota GSVL mengapresiasi sikap kritis pemuda dalam memberikan kritikan dan masukan bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Manado.

“Sebagai pemerintah kami butuh kritikan dan masukan yang konstruktif dari masyarakat termasuk dari organisasi kepemudaan di daerah ini. Sehingga, kami bisa memperbaiki apa yang kurang dalam pelaksanaan pemerintahan,” ujar Walikota pilihan rakyat Manado itu.

Menurutnya, dialog bersama organisasi kepemudaan seperti ini dapat dilakukan secara kontinue. “Nanti dialog seperti ini dapat kita lakukan apakah setiap bulan, dua bulan atau tiga bulan sekali, nanti dijadwalkan. Karena saya butuh masukan dari kalangan pemuda di Kota Manado,” tandas Walikota GSVL.

Lanjut dikatakan orang nomor satu di Provinsi Sulut itu, selama enam tahun lebih memimpin Kota Manado banyak kritikan yang dilontarkan ditengah berbagai program pembangunan yang dijalankan.

Dalam dialog yang berlangsung santai tersebut, berbagai pertanyaan dilontarkan para pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP). Mulai dari komunikasi yang dinilai kurang dengan kalangan OKP, masalah Youth Center serta sorotan terhadap kegiatan Manado Fiesta 2017.

Tampak hadir dalam dialog tersebut sejumlah Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Micler CS Lakat SH MH, Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Hendrik Warokka SPd DEA, kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemkot Manado, para senior KNPI seperti mantan Walikota Manado Drs Wempie Frederik, Drs Danny Watti, Mantje Nelwan, Pdt Renata Ticonuwu STh dan lainnya.(*)

 

Peliput : Stephen (MR)