Peringati HUT ke-74 RI, DPRD Minsel Gelar Rapat Paripurna

Amurang, MR – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) menggelar rapat paripurna istimewa dalam rangka HUT ke-74 kemerdekaan Republik Indonesia serta mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dan dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepakatan KUA dan PPAS perubahan tahun anggaran 2019, Jumat (16/08).

Berlangsung di ruang rapat Sekretariat DPRD Kabupaten Minsel, Rapat Paripurna Istimewa dibuka Ketua DPRD Minsel Jenny Johana Tumbuan SE dan Wakil Ketua Rommy Pondaag SH MH, dan dihadiri seluruh anggota DPRD, Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE, Wakil Bupati Franky Donny Wongkar SH, Sekdakab Denny Kaawoan SE MSi, Sekretaris DPRD Joins Langkun, dan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD).

Turut hadir dalam rapat paripurna tersebut mewakili Kapolres Minsel AKBP FX Winardi Prabowo SIk, Kepala Kejaksaan Negeri Minsel, Kepala Pengadilan Minsel, tokoh agama, dan masyarakat.

Ketua DPRD dalam sambutannya mengatakan, tidak terasa sudah selama 74 tahun masyarakat Indonesia menikmati dan kebebasan serta mempunyai harkat dan martabat yang terhormat sejajar dengan bangsa-bangsa lainnya.

“Mengenang dan menghayati perjalanan sejarah perjuangan bangsa, adalah menghargai jasa-jasa para pejuang maupun pendahulu yang telah berhasil merebut kemerdekaan Negara Republik Indonesia dan sekaligus meletakkan kerangka dasar berdirinya negara kesatuan Republik Indonesia,”ujar Tumbuan.

Menurut politikus senior ini, kemerdekaan adalah modal dasar bagi masyarakat guna mengisi kemerdekaan tersebut dengan membangun dan menata masa depan bangsa Indonesia sebagai tanggung jawab dalam berbangsa dan bernegara.

Agenda peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan RI tahun ini disepakati secara nasional dengan tema “SDM Unggul Indonesia Maju”.

Dengan tema tersebut, kata dia, seluruh masyarakat diajak mendukung program tersebut. Sebagai bangsa yang demokrasi yang terdiri dari berbagai daerah bermacam-macam kelompok suku, agama, dan golongan.

“Semua kita harus bersatu padu dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia sehingga seluruh perbedaan yang kita miliki merupakan modal yang sangat berharga untuk meningkatkan sumber daya manusia,” ujarnya.

Menurutnya, itulah yang menjadi cita-cita utama dari para pejuang kemerdekaan bangsa ini, yang telah mengorbankan harta benda bahkan jutaan tetesan darah beserta nyawa anak bangsa yang telah rela berkorban demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang memiliki masyarakat sejahtera dan bermartabat.

Ditambahkannya juga, saat ini sebagai salah satu tanda ucapan syukur atas segala kebahagian yang didapat oleh bangsa ini dengan diadakan sidang paripurna istimewa DPRD Minsel dalam rangka mendengarkan pidato kenegaraan dari Presiden RI.

“Segenap pimpinan DPRD Kabupaten Minahasa Selatan serta seluruh Anggota, kami mengucapkan Dirgahayu ke-74 Republik Indonesia. Semoga Tuhan senantiasa memberikan kekuatan lahir dan batin kepada kita semua dalam menyukseskan kepemimpinan nasional demi kelanjutan pembangunan menuju Indonesia yang makin maju dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dan secara khusus di Kabupaten Minsel yang kita cintai ini,” ujarnya

Usai mendengarkan pidato Presiden Joko Widodo, Bupati Tetty Paruntu serta Ketua DPRD Minsel Jenny Johana Tumbuan SE menandatangani nota kesepakatan KUA dan PPAS perubahan tahun anggaran 2019.(nal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *