PMI dan TP-PKK Kota Manado Gelar Sosialisasi Bahaya Kanker Serviks dan Edukasi Pertolongan Pertama, Enci Paula Ajak Perempuan Tidak Malu Periksa IVA

Manado, MR – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Manado Prof DR Julyeta PA Lumentut Runtuwene MS DEA mengajak kaum perempuan di daerah ini agar tidak malu memeriksakan diri di Puskesmas terkait kesehatan reproduksi yakni melalui test Inspeksi Visual Asam asetat (IVA).

Dimana, test IVA merupakan pemeriksaan leher rahim pada wanita untuk mendeteksi secara dini adanya kanker serviks yang rentan dialami kaum perempuan.

“Harapan saya untuk semua Kader PKK dan para perempuan pada umumnya, mari jangan ragu dan jangan malu memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat untuk deteksi dini kanker serviks lewat Tes IVA,”ujar isteri tercinta Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dalam kegiatan sosialisasi di Kelurahan Tongkaina, Kecamatan Bunaken, Jumat (17/01).

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Manado itu juga berharap kaum pria khususnya yang telah menikah agar ikut mendukung test IVA lewat Gerakan SUSI ANTARIKSA (Suami Siaga Antar Isteri Periksa IVA) dengan mengantar istrinya memeriksakan diri di Rumah Sakit ataupun Puskesmas.

“Para bapak-bapak, kaum pria ayo dukung gerakan SUSIANTARIKSA atau suami siaga antar istri periksa IVA,”tukas Enci Paula, sapaan akrab Rektor Universitas Negeri Manado (Unima) ini.

Kegiatan sosialisasi mengenai bahaya kanker serviks, deteksi dini, dan pencegahannya, dilanjutkan dengan edukasi pertolongan pertama seperti pada kondisi kecelakaan, tersedak, tenggelam, dan juga Bantuan Hidup Dasar (BHD) dilaksanakan TP-PKK Kota Manado bekerjasama dengan PMI Cabang Kota Manado.(stephen)