Polres Minsel Bersama Masyarakat Lepas Penyu Lekang di Pantai Tumpaan

Amurang, MR – Bertempat di pantai Tumpaan, Kecamatan Tumpaan, Kabupaten Minahasa Selatan, Jumat (26/07), Polres Minahasa Selatan melaksanakan kegiatan pelepasan Penyu jenis lekang. 

Penyu dilepas secara bersama-sama oleh Wakapolres Minsel Kompol Prevly Tampanguma disaksikan sejumlah perangkat desa dan masyarakat setempat.

Pelepasan Penyu lekang ini selain di hadiri dari pihak Kepolisian Polres Minsel selaku pelaksana kegiatan, tampak hadir sejumlah instansi terkait, seperti Dinas Perikanan dan Kelautan, Syahbandar Amurang, Camat Tumpaan, Danramil Tumpaan, Para Hukum Tua serta masyarakat pesisir pantai.

Kepala Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Amurang F Rantung kepada sejumlah awak media yang hadir dalam acara tersebut mengatakan kegiatan pelepasan penyu ini bertujuan menjaga populasi Penyu pada habitatnya yang saat ini mulai terancam punah.

“Penyu ini berjenis Lekang atau dalam bahasa latinnya (Lepidochelys olivacea), penyu tersebut saat ini sudah mulai punah di  habitatnya dan populasinya terancam terancam punah, penyu ini awalnya di tangkap oleh nelayan kemudian di serahkan ke Instansi terkait.  Diperkirakan Penyu Lejang ini berusia 50 tahun dengan jenis kelamin betina, panjang 88 Cm, panjang Karapas 68 Cm, lebar 62 Cm. Penyu ini sesuai dengan penelitian kami sesuai habitatnya berasal dari Pulau Sumatera, Nusakambangan dan Bali,”ujar Rantung.

Diakhir acara di lanjutkan dengan pembagian Life Jacket kepada para nelayan dan kepada pemerhati satwa yang dilindungi khususnya masyarakat pesisir pantai Tumpaan.(nal)