Presiden Jokowi Resmi Lantik Olly-Steven Sebagai Gubernur dan Wagub Sulut Periode Kedua

PRESIDEN Republik Indonesia (RI) Ir H Joko Widodo (Jokowi) melantik pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara terpilih di Pilgub 2020, Olly Dondokambey SE dan Drs Steven OE Kandouw (ODSK), untuk masa jabatan di Istana Negara Jakarta, Senin (15/02/2021) tadi pagi sekitar pukul 09:00 WIB.

Prosesi pelantikan ODSK dilangsungkan bersama pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara terpilih, yakni Zainal Arifin Paliwang dan Yansen TP.

Keduanya diangkat berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) 19/P/2021 dan Keppres 21/P/2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur Kalimantan Utara dan Sulawesi Utara.
Pelantikan Gubernur-Wagub Sulawesi Utara dan Gubernur-Wagub Kalimantan Utara ini, diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’.

Pelantikan yang digelar di Istana Negara, tepatnya di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, sangat mengutamakan protokol kesehatan yang ketat. Hal itu, terlihat dari kehadiran jumlah tamu undangan yang terbatas. Yakni hanya keluarga inti dan rohaniwan.

Selanjutnya, Presiden Jokowi bertanya kepada para calon gubernur dan wakil gubernur sebelum diambil sumpah jabatan, tentang kesediaan untuk dilantik secara sah.

“Terlebih dahulu saya akan bertanya, bersediakah saudara mengucapkan sumpah janji menurut agama masing-masing?” kata Presiden Jokowi.”

Demi Allah saya bersumpah, Demi Tuhan saya berjanji akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur/sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” ucap Jokowi yang diulang oleh kedua pasangan yang dilantik untuk diambil sumpah dan janji.

“Bagi saudara-saudara yang beragama Kristen/Protestan, semoga Tuhan menolong saya,” kata Jokowi diikuti Olly-Steven.

Usai prosesi pelantikan, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, serentak memberikan ucapan selamat kepada pasangan Olly-Steven dan pasangan Zainal-Yansen, dengan salam namaste yang kemudian diikuti dengan sesi foto bersama.

Usai dilantik Presiden Jokowi, ODSK didampingi istri tercinta Ny Ir Rita Maya Dondokambey Tamuntuan dan Ny dr Kartika Devi Kandouw-Tanos MARS, menerima ucapan selamat.

Sebelumnya, pasangan ODSK bersama keluarga mengawali pelantikan dengan doa bersama, agar semuanya berjalan dalam tuntunan Tuhan.

Puji Tuhan semuanya berjalan baik, mulai dari awal pelantikan sampai selesainya. Di mana masyarakat Sulawesi Utara dapat mengikutinya melalui siaran secara virtual YouTube dan televisi nasional.(advetorial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *